Merasakan Kemewahan Bus Omah Mlayu di Kudus, Bus Termewah di Indonesia

Posted on
SEPUTAR KUDUS- Bus Omah Mlayu tampak depan.

SEPUTAR KUDUS-Meski libur panjang masih lama lagi, namun tidak ada salahnya jika kita merencanakan dan mempersiapkannya sejak awal. Untuk menuju tempat-tempat wisata yang telah kita tentukan, kemewahan yang ditawarkan bus Omah Mlayu, mungkin bisa menjadi alternatif pilihan.

Sarana transportasi yang dimiliki Perusahaan Otobus (PO) Nusantara ini, memang sudah diakui sebagai bus termewah yang ada di Indonesia, saat ini. Dengan mengusung konsep luxury atau kemewahan, bus ini akan menjamin kenyamanan bagi siapa saja yang mengendarainya. Pelbagai sarana layaknya rumah berjalan, disediakan di dalam bus yang super mewah ini. Tak jarang, artis kenamaan dan para pejabat tingkat nasional, pernah menjajal kenyamanannya.

Menurut Manajer PO Nusantara, Andy Darmawan, bus Omah Mlayu sangat tepat untuk digunakan berlibur bersama keluarga. Pengguna tidak perlu mencari tempat penginapan atau hotel, karena bus ini telah didesain sebagaimana rumah dengan kemewahan layaknya hotel berbintang.

“Pengguna tinggal menentukan tempat wisata yang akan dituju, memarkirnya di dekat tempat wisata, jika sudah puas berwisata, mereka tinggal beristirahat di dlam bus,” ujar Andy, saat ditemui di Pool PO Nusantara, Jalan Kudus Demak, kilometer 5, Kudus, beberapa waktu lalu.

Andy menjelaskan, di dalam bus Omah Mlayu terdapat fasilitas yang sangat lengkap, yang terbagi menjadi tiga ruangan. Di ruang depan adalah tempat kemudi yang dipisahkan dengan sebuah pintu dengan ruang tengah. Sedangkan di ruang tengah, terdapat kursi sofa ukuran besar, kursi pijat elektrik, LCD TV 32 inchi dan DVD Player yang dilengkapi fasilitas karaoke. Selain itu, di ruang tersebut juga terdapat dapur kering yang dilengkapi dengan lemari es, microwave, pemanas air, dan pemanggang roti, serta meja dan kursi untuk makan.

“Di ruang belakang tak halah mewah. Di sana kami sediakan sebuah sofa ukuran sedang, sebuah LCD TV, dua tempat tidur, dan satu toilet,” tutur Andy.

Untuk melengkapi fasilitas IT bagi pengguna yang ingin terhubung dengan jaringan internet, bus Omah Mlayu memanjakan pengguna dengan menyediakan jaringan hotspot, yang dapat diakses melalui netbook atau ponsel. Selain itu, Omah Mlayu juga dilengkapi dengan GPS, yang terhubung dengan LCD monitor yang terdapat di ruang tengah, sehingga pengendara dapat mengetahui keberadaan mereka melalui alat tersebut.

Kemwahan dan kenyamanan tidak hanya ada di dalam bus saja, namun juga terdapat di bagian luar bus. Omah Mlayu telah menggunakan mesin jesis Scania, yang begitu halus namun sangat kuat. Kenyamanan bus juga didukung dengan suspensi angin, sehingga pengguna tidak akan merasakan hentakan apapun, saat melalui jalan berlubang sekalipun.

Menurut Andy, PO Nusantara saat ini telah memiliki satu unit bus Omah Mlayu dengan konsep luxury, dengan warna domonan merah marun. Namun, selain Omah Mlayu, pihaknya juga memiliki satu unit bus Omah Mlaku, dengan desain klasik, dengan warna dominan coklat muda.

“Meski berbeda, namun dua bus tersebut sama mewahnya. Hanya terdapat perbedaan konsep desainnya saja. Faslitas, mesin, dan suspensi, semuanya sama,” ujar Andy.

Ia menambaghkan, ntuk dapat menggunakan dua bus yang super mewah itu, pihaknya mematok harga Rp 7,5 juta setiap hari pada masa liburan kali ini. Namun, bagi pemesan diharuskan menyewa minimal tiga hari. Harga tersebut, pengguna hanya diperbolehkan untuk menjangkau kota-kota di sekitar Jawa Tengah dan Jogjakarta.

“Untuk hari-hari biasa, kami mematok harga Rp 6 juta untuk satu hari, dan minimal penggunaan tiga hari. Kami menaikkan harga di masa liburan kali ini, karena minat pemesak cukup banyak,” kata Andy. (suwoko)