Sambut May Day di Kudus, Seniman Street Art Buat Mural di Sleko

Diposting pada
SEPUTAR KUDUS – Mural karya seniman street art di Kudus menyambut May Day.

SEPUTAR KUDUS – Menjelang peringatan May Day atau Hari Buruh Sedunia tahun ini, yang jatuh pada Kamis (1/5/2014), seniman street art di Kudus membuat mural di Perempatan Sleko, Kabupaten Kudus. Seniman yang tak diketahui identitasnya itu, menulis kata-kata “May Day” di sebuah tembok perempatan.

Tulisan tersebut bisa tampak jelas dilihat dari arah timur. Tulisan tersebut dibuat di pojok barat Perempatan Sleko berukuran cukup besar, berwarna merah lengkap dengan gambar tangan terkepal.Karya seniman street art itu cukup menyita perhatian para pengendara yang melintas.

Keberadaan seniman street art di Kudus memang memberi warna tersendiri dalam perwajahan kota. Sejumlah karya cukup mudah ditemukan di sejumlah tembok, yang terdapat di tepi jalan. Namun, tak semua seniman street art itu mendasarkan warna ideologis dalam setiap karyanya.

Sedikit dari karya mural yang ada di Kudus, dibuat seniman street art dengan membubuhkan sebuah pesan. Warna ideologis dalam karya mural yang mereka buat sangat kental, satu di antaranya tentu mural bertulis May Day tersebut. Namun, ada mural lain yang juga memuat pesan ideologis, yakni sebuah mural yang dibuat pada 2011 silam di tembok belakang Mal Ramayana. (Baca di sini)

Namun, sebagian besar karya mural yang terdapat di sejumlah titik, hanya menunjukkan agmbar abstrak, atau tulisan beraneka bentuk. Tulisan-tulisan tersebut, tidak hanya dibuat tanpa nilai ideologis, namun juga sulit dimaknai, dan bahkan sulit dibaca. Tidak ada pesan yang tersirat dalam karya yang mereka buat.

Sebagaimana diketahui, Kudus merupakan kota industri yang memiliki ratusan ribu buruh. Mereka bekerja di sejumlah sektor industri, di antaranya sektor perdagangan, manufaktur, elektronik, percetakan, dan yang paling besar industri rokok kretek. Kabupaten terkecil di Jawa Tengah ini, menggantungkan pendapatan daerahnya melalui sektor industri dan perdagangan.

Penulis Artikel: Mase Adi Wibowo