FOTO: Inilah Monumen dan Patung di Kudus yang Menakjubkan

Diposting pada
menara kudus dan tugu identitas

Banunan Menara Kudus dan Tugu Identitas Kudus

SEPUTARKUDUS.COM – Kudus memang kabupaten terkecil di Jawa Tengah, namun pesonanya bisa menyihir siapa saja untuk datang berkunjung dan menikmati suasananya yang sangat bersahabat. Monumen dan patung yang ada juga menjadi daya tarik bagi siapa saja untuk berkunjung, di di antaranya Menara Kudus yang melegenda dan masyhur seantero Nusantara. 

Selain mendapat sebutan Kota Kretek karena memiliki perusahaan rokok kretek terbesar di Indonesia, Kudus juga memiliki sebutan Kota Santri karena banyaknya pesantren. Bangunan Menara Kudus juga menjadi simbol eksistensi Kudus sebagai Kota Santri. Sedangkan bangunan Gerbang Kudus Kota Kretek menjadi simbol keuletan masyarakat Kudus dalam berbisnis.

Berikut ini beberapa bangunan monumen dan patung yang ada di Kudus, yang menjadi trade mark sebagai Kota Kretek dan Kota Santri. Ada yang baru di bangun ratusan tahun lalu, dan ada yang baru di bangun beberapa tahun belakangan. 

Menara Kudus 

Menara Kudus adalah sebuah bangunan monumen yang berbentuk menara yang terletak di bagian depan komplek Masjid Al-Aqsha. Menara tersebut awalnya digunakan untuk memanggil umat Islam untuk salat ke masjid. Menara Kudus dibangunan Syeh Ja’far Shodiq atau yang lebih dikenal sebagai Suanan Kudus, pada tahun sekitar 1549 Masehi (Wikepedia).

Bangunan Menara Kudus terbuat dari tumpukan batu bata merah dan konon batu pertamanya menggunakan batu dari Baitul Maqdis, Palestina. Batu Tersebut dibawa Sunan Kudus dari negeri para Rasul tersebut ke Kudus. Bangunan yang dibuat menyerupai bangunan Hindu. Menara Kudus saat ini menjadi ikon representasi masyarakat Kudus yang religius sekaligus moderat dan toleran.

Tugu Identitas

Tugu Identitas dibangun pada 1986 dan diresmikan setahun kemudian oleh Gubernur Jateng. Tugu tersebut terletak di komplek Plasa Kudus, atau tepatnya di depan Kudus Extention Mall. Bangunan tersebut dibuat sebagai ikon baru, selain Menara Kudus. Tugu Identitas dibuat terinspirasi dari bangunan Menara Kudus, atau stailisasinya. 
Di bagian bawah tugu tersebut terdapat sebuah museum yang menyimpan sejumlah benda terkait dengan Kabupaten Kudus. Di tugu tersebut terdapat tangga yang memungkinkan pengunjung untuk melihat Kota Kretek dari bagian atas monumen.  

Gerbang Kudus Kota Kretek

gerbang kudus kota kretek malam hari
Bagunan Gerbang Kudus Kota Kretek saat malam hari.
Gerbang Kudus Kota Kretek di bangun di tapal batas antara Kabupaten Kudus dengan Kabupaten Demak, di kawasan Tanggul Angin. Bangunan tersebut baru diresmikan tahun ini. Penanda masuk kota tersebut dibangun perusahaan rokok terbesar di Kudus PT Djarum dengan menelan biaya hingga Rp 16 miliar lebih. 
Bangunan tersebut merupakan replika daun tembakau, sebagai simbol Kota Kretek. Tulang-tulang replika daun tembakau tersebut diimpor dari Australia. Ketika malam, bangunan tersebut memancarkan cahaya warna-warni yang sangat indah. Gerbang Kudus Kota Kretek.

Patung Selaras dan Seimbang

patung selaras dan seimbang
Patung Selaras dan Seimbang
Tugu selaras dan Seimbang terletak di kawasan Penthol, Desa Rendeng, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus. Tugu ini terletak di tengah taman kota. Memiliki warna hijau dan berbentuk abstrak. 
Patung tersebut dibuat dan didesain Benny Ronald Tahalele. Menurut sang perancang, patung tersebut memiliki dua bagian. Bagian pertama menggambarkan tembakau dan bagian kedua menyimbolkan cengkeh (Kompas). Patung itu memiliki tinggi sekitar 500 sentimeter. Patung tersebut dibuat sebagai perwujudan Kudus sebagai Kota Kretek.