FOTO: Gapura Kecamatan Undaan Dikenal Karena Bentuknya yang Unik

Posted on

SEPUTARKUDUS.COM – Kecamatan Undaan dikenal masyarakat Kudus sebagai daerah yang sangat unik. Bukan hanya karena masyarakatnya, kecamatan yang memisahkan Kabupaten Kudus dan Kabupaten Grobogan ini juga sangat dikenal karena bangunan gapura yang ada di sana. Bangunan sebagai penanda masuk kampung ini dibuat sangat unik dan menarik, sehingga menjadi ciri khas. 

Kekhasan bangunan gapura bisa dilihat dari bentuk dan ukuran yang tidak biasa, seperti bangunan gapura di daerah lain di Kudus pada umumnya. Ada yang menyerupai bentuk bangunan Romawi, bentuk pura di Bali, dan berbagai macam bentuk lainnya, yang memberi ciri khas setiap kampung. Berikut ini beberapa bentuk bangunan gapura yang ada di sejumlah desa di Kecamatan Undaan. 

Gapura Desa Undaan Lor Gang 16 Menyerupai Pura

gapura undaan lor gang 16
Gapura Desa Undaan Lor Gang 16

Gapura yang berada di Desa Undaan Lor Gang 16 ini memiliki bentuk mirip pura di Bali. Warna dominan merah mendominasi bangunan yang terbentuk dari susunan batu bata yang tak dilapisi semen. Kombinasi warna hitam dari varisasi bangunan membuat bangunan gapura ini tampak klasik dan elegan. Selain itu variasi lainnya, terdapat keramik berbentuk piring di sisi kiri dan kanannya. 

Gapura Undaan Lor Gang 4 Lengkap dengan Patung

gapura-undaan-tengah-gang4
Gapura Undaan Tengah Gang 4

Bangunan gapura di Desa Undaan Lor Gang 4 ini juga sangat unik. Bentuknya menyerupai gapura narkas militer. Selain simbol bindang dan gerigi para ornamen dalam bangunan, terdapat pula dua patung menggenggang gada di sisi kiri dan kanannya. Selain itu terdapat rantai yang mengelilingi dua patung tersebut.

Gapura Undaan Lor Gang Onta

gapura undaan lor gang onta
Gapura Desa Undaan Lor Gang Onta

Bentuk gapura di Desa Undaan Lor yang satu ini sebenarnya tidak begitu istimewa. Namun, ada yang khas di bangunan penanda masuk kampung ni, yakni nama atau sebutan gang tersebut. Masyarakat di Undaan, khususnya di Undaan Lor menyebut gang atau gapura tersebut sebagai Gang Onta. Mengapa disebut demikian, karena di seberang bagunan gapura terdapat patung onta yang cukup melegenda bagi masyarakat Undaan. 

Gapura Undaan Lor Gang 6 Mirip Bangunan Romawi

gapura undaan lor gang 6
Gapura Desa Undaan Lor Gang 6

Gapura penanda masuk kampung di Desa Undaan Lor Gang 6 ini bentuknya bisa dikatakan menyerupai bangunan Romawi. Bangunan gapura yang dibuat terdapat tiang sebagai penyangga yang bentuknya menyerupai tiang bangunan Kerajaan Romawi. Ukuran ban bentuknya juga cukup besar, menjadikan gapura ini terlihat kokoh dan elegan. 

Sebenarnya masih banyak sekali bangunan gapura yang unik dan menarik lain di sejumlah desa di Kecamatan Undaan. Gapura tersebut dipercantik untuk menyambut masyarakat di luar kecamatan Undaan dan supaya mereka selalu ingat melalui bentuk bangunan gapura yang dibuat sangat khas. Bangunan-bangunan serupa juga bisa dilihat di sejumlah desa lainnya, di antaranyanya di Desa Undaan Tengah, Undaan Kidul, Wates, Sambung, Medini, dan lainnya. Berikut beberapa bangunan gapura di Kecamatan Undaan yang diabadikan seputarkudus.com

GapuraUndaanLorGang12
Gapura Undaan

Gapura Undaan Kidul Gang Masjid
Gapura Undaan Kidul Gang Masjid

Bangunan Gapura Undaan Lor Gang 7
Bangunan Gapura Undaan Lor Gang 7

Gapura Desa Undaan Tengah Gang 12
Gapura Desa Undaan Tengah Gang

Gapura Desa Undaan 12
Gapura Desa Undaan

 

Gapura Desa Undaan Lor 8
Gapura Desa Undaan Lor

Bangunan Gapura Desa Undaan Lor Gang Masjid
Bangunan Gapura Desa Undaan Lor Gang Masjid