Inilah 10 Tempat di Kudus yang Memiliki Sebutan-Sebutan Aneh

Diposting pada
kawasan prima kudus
Kawasan Prima, Desa Dersalam, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus. (Seputar Kudus Image)

SEPUTARKUDUS.COM – Sejumlah tempat di Kudus berikut ini mungkin tak asing di telinga kita. Namun, terkadang kita tidak tahu secara tepat di mana tempat-tempat tersebut berada. Misalnya Bejagan, Sleko, Prima, dan tempat-tempat lain yang menggunakan sebutan selain nama jalan. Berikut adalah tempat-tempat tersebut:

Bejagan

kawasan bejagan kudus
Kawasan Bejagan Kudus

Tempat ini berada di ujung selatan Jalan HOS Cokroaminoto, tepatnya kawasan Mlati, Kecamatan Kota. Sebutan Bejagan juga sering dilekatkan dengan kata perempatan, yakni Perempatan Bejagan. Perempatan tersebut tak jauh dari balai desa Mlati Kidul, atau sepelemparan batu dari Rumah Sakit (RS) Aisyiyyah kudus. Dari perempatan itu, ke arah barat menuju Alun-alun Kudus, ke arah timur menuju Desa Megawon, dan ke arah selatan menuju Desa Loram. Hal yang paling mudah diingat, kawasan tersebut berada di dekat Masjid Al-Hamid Desa Mlati Kidul.

Sleko

kawsan sleko kudus
Kawasan Sleko Kudus

Kawasan ini berada di antara Jalan Pramuka, Jalan Tanjung dan Jalan Pemuda. Seperti sebutan kawasan Bejagan, kawasan ini juga identik dengan perempatan. Dari perempatan tersebut, ke arah barat menuju Alun-alun Simpang Tujuh, ke arah utara menuju Mapolres Kudus, ke Selatan menuju Pasar Wergu, dam ke Selatan menuju arah Mlati. Di kawasan tersebut terdapat sebuah pos polisi, tepatnya di pojok timur laut.

Pekojan

kawasan pekojan kudus
Jembatan Sungai Gelis menuju ke arah Pekojan

Kawasan ini juga sangat identik perempatan yang mempertemukan sejumlah jalan. Perempatan Pekojan Kojan berada di Jalan Sunan Kudus. Kawasan ini disebut Pekojan, karena di kawasan tersebut banyak terdapat warga keturunan Arab. Dari perempatan tersebut, ke arah barat menuju Masjid Menara Kudus, ke utara menuju SMK PGRI Kudus, ke selatan menuju Pasar Bitingan. 

Prima

kawasan prima UMK
Kawasan Prima, Desa Dersalam, Bae, Kudus.

Prima sebenarnya nama sebuah toko di Jalan Jendral Sudirman. Tepatnya di lampu merah Desa Dersalam, Kecamatan Bae. Kawasan tersebut di sebut Prima, mengambil nama toko tersebut, yang saat itu sangat dikenal. Kawasan itu hingga kini masih disebut warga sebagai kawasan Prima, meski toko tersebut sudah tutup. Dari pertigaan tersebut, ke timur menuju Ngembal, ke barat menuju PG Rendeng, dan ke utara menuju kampus UMK. Di pertigaan tersebut juga sering dijadikan pemberhentian penumpang bus dan angkutan kota. 

Proliman

Dari sebutan tempatnya, kawasan ini merupakan persimpangan jalan. Ya, warga menyebutnya Proliman, karena persimpangan ini menghubungkan lima jalan. Di Kudus, sebutan Proliman tidak hanya ada di kawasan Kota, namun juga di jalur Lingkar Selatan Kudus. 

  • Proliman Kota

Proliman Kota menghubungkan sejumlah jalan di Kudus, di antaranya, dari timur yakni Jalan Bakti, dari barat Jalan Sunan Muria, dari utara Jalan Sosrokartono, dari selatan Jalan Imam Bonjol, dari barat daya Desa Kramat.  

proliman kudus
Proliman Kota

  • Proliman Tanjung

Proliman Tanjung, berada di jalur Lingkar Selatan Kudus, tepatnya di Desa Tanjungkarang, Kecamatan Jati. Sama seperti Proliman Kota, Proliman ini juga menghubungkan sejumlah jalan. Antara lain Jalan Sempalan, Jalan Kudus-Purwodadi, dan Jalan Lingkar Selatan. 

proliman tanjung kudus
Proliman Tanjung 

Gang Papat

Gang Papat terletak di kawasan Ruko Agus Salim. Disebut Gang Papat, karena tempat tersebut merupakan gang sebuah desa nomor keempat. Gang Papat menghubungkan Jalan A Yani, dari arah Alun-alun Simpang Tujuh Kudus, menuju arah Plasa Kudus Matahari. Selain dikenal karena keberadaan ruko, di pojok gang tersebut terdapat Gerai Grapari Telkomsel. Dan tak jauh dari Grapari, terdapat toko aksesoris ponsel yang sangat terkenal, yakni Widow. 

Penthol

kawasan penthol kudus
Monumen Serasi dan Seimbang di Kawasan Penthol Kudus

Tidak jelas mengapa kawasan ini disebut Penthol. Namun, bagi warga Kudus kawasan ini sangat dikenal. Selain karena kawasannya yang strategis, di tempat tersebut juga banyak terdapat bank dan dealer sepeda motor yang terkenal. Kawasan Penthol juga merupakan sebuah persimpangan beberapa jalan. Antara lain Jalan Jendral Sudirman dan Jalan HOS Cokroaminoto. Di tempat tersebut juga terdapat sebuah monumen berwarna hijau, yang diberi nama Monumen Serasi dan Seimbang. 

Pengkol

Tempat ini disebut Pengkol karena merupakan sebuah tikungan. Tempat ini tak jauh dari Kantor Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Kudus, dan Kantor Pajak. Tikungan tersebut menghubungkan Jalan Subchan ZE menuju Perempatan Jember, dan Jalan Nitisemito menju arah Pasar Bitingan. 

Kerawang

pantura kudus
Kawasan Kerawang berada di jalur pantura Kudus

Kawasan Kerawang berada di Jalan Kudus-Pati, tepatnya di Desa Hadipolo, Kecamatan Jekulo. Kawasan tersebut identik dengan sebuah perempatan yang terdapat sebuah lampu merah. Kawasan ini juga sangat identik dengan sebuah SPBU, karena letaknya tak jauh dari perempatan tersebut. Dari perempatan itu, ke arah barat menuju pusat kota, ke timur menuju Kabupaten Pati, ke selatan menuju Desa Hadiwarno, dan ke utara menuju wilayah Gembong, Pati.

Sempalan

sempalan kudus
Kawasan Sempalan Kudus

Kawasan ini berada di Desa Jati Wetan, Kecamatan Jati. Kawasan ini sangat dikenal karena keberadaan rumah sakit umum cukup ternama di Kudus, yakni RS Mardi Rahayu. Kawasan sempalan menghubungkan Jalan R Agil Kusumadya dan Jalan Kudus Purwodadi. Jalan yang berada di kawasan tersebut juga dinamai Jalan Sempalan. Di ujung utara jalan tersebut, terdapat lampu merah, hanya beberapa meter dari warung soto yang sangat terkenal, Soto Pak Denuh