Jangan Dibuang, Botol Bekas Bisa Dijadikan Kerajinan Cantik

Diposting pada
botol-bekas-sampo
Kerajinan tempat pensil dari botol sampo bekas. (All image Recycling) 

SEPUTARKUDUS.COM – Banyaknya botol bekas di rumah, baik botol sampo atau botol minuman, terkadang membuat sejumlah orang bingung. Kebanyakan membuat barang tersebut dijual karena tidak tahu pemanfatannya. Namun, sebetulnya boto-botol tersebut bisa dimanfaatkan untuk kerajinan botol bekas sebagai perkakas di rumah. Misalnya dompet, tempat charger ponsel, dan lainnya.

Kerajinan Botol Sampo Bekas

botol bekas sampo untuk kerajinan
Kerajinan dompet dari botol sampo

Botol sampo bekas bisa dibuat untuk berbagai macam kerajinan. Misalnya tempat pensil, tempat charger ponsel, dan perkakas lainnya. Bahkan, di tangan-tangan orang yang terampil botol sampo bekas tersebut bisa dijikan sebagai dompet cantik yang ketika dilihat sama sekali tidak tampak terbuat dari botol bekas. 

Cara membuatnya tidak terlalu sulit. Persiapkan alat-alat yang akan dibutuhkan terlebih dahulu. Beberapa alat tersebut antara lain; gunting, lem, cutter, tali dan kain bermotif. Caranya, potong bagian atas botol sampo dan bersihkan label stiker. Lalu proses selanjutnya, lapisi botol sampo dengan lem yang telah disiapkan tadi menggunakan kuas. Tempel kain motif yang telah dipotong sesuai ukuran botol. Lalu ratakan permukaan hingga tidak ada udara yang menggelembung. Terakir, buatlah penutup menggunakan bahan lain yang telah dilapisi kain motif yang sama, serta berikan pengait tali.

Selain bisa dijadikan dompet yang cantik, botol sampo bekas juga bisa digunakan untuk kerajinan yang lain. Misalnya tempat pensil, tempat charger ponsel, dompet kecil, termpat aksesoris, dan lain sebagainya. Berikut di bawah ini kerajinan dari botol sampo bekas yang bisa dijadikan inspirasi untuk dipraktikkan di rumah.

kerajinan-botol-sampo-bekas-12
Kerajinan tempat pensil botol sampo bekas
kerajinan-botol-sampo-bekas-1223
Tempat charger ponsel
kerajinan botol sampo gantungan
Kerajinan botol sampo gantungan aksesoris
kerajinanbotolsampogantungan
Kerajinan dompet dari botol sampo bekas

Kerajinan botol minuman bekas

Selain botol sampo bekas, kerajinan untuk membuat perkakas di rumah juga bisa dibuat dari botol minuman. Tentu botol yang akan digunakan berbahan plastik. Warna botol tidak mempengaruhi hasil yang akan dibuat, tergantung kreativitas dalam membuatnya. 

Contoh perkakas yang bisa dibuat dari botol minuman bekas, di antaranya yakni sebagai tempat penyimpanan bahan makanan kering atau basah. Alat yang dibutuhkan hanya cutter dan plastik pembungkus. Caranya, potong ujung botol bagian atas. Lalu, plastik pembungkus dimasukkan ke lubang botol, dan tutup menggunakan penutup botol. 

Selain dijadikan tempat penyimpanan bahan makanan, botol minuman bekas juga bisa dijadikan perkakas rumah tangga yang lain. Misalnya tempat pensil, vas bunga, tempat peralatan mandi, toples dan lain sebagainya. Berikut sejumlah gambar kerajinan terbuat dari bahan botol minuman bekas untuk dijadikan inspirasi. Bentuk-bentuk lainnya tentu bisa dibuat, galilah ide lain selain bentuk-bentuk berikut ini. Selamat mencoba.

kerajinan botol minuman bekas12
Kerajinan tempat pensil dari botol minuman bekas 
kerajinan-botol-minuman-bekas
Kerajinan toples dari botol bekas

kerajinanbotolminumanbekas122
Keranjang dari botol minuman bekas
kerajinan-botol-minuman-bekas324
Tempat peralatan mandi dari botol minuman bekas