Anggota PMII UMK Keluarkan Iuran untuk Sediakan Takjil Gratis Bagi Pengemis

Diposting pada

SEPUTARKUDUS.COM, UMK – Sejumlah mahasiswa mempersiapkan es buah sebelah kawasan Ruko Ronggolawe, Kudus. Mereka dengan sigap menyebar di sekitar Jalan Jendral Ahmad Yani, Jalan Mayor Basuno dan Pasar Bitingan. Dengan membawa kardus, mereka membagikan takjil gratis berupa es buah kepada pengemis, tukang becak dan tukang parkir untuk berbuka puasa, Kamis (16/6/2016).

Imam Hasan Ansori menuturkan, pembagian takjil gratis tersebut dilakukan oleh Anggota Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Komisariat Sunan Muria Universitas Muria Kudus (UMK) sejumlah 150 gelas. Menurutnya, dana untuk menyediakan takjil dia dapatkan dari iuran anggota PMII. “Kami iuran untuk berbagi kebahagian di bulan penuh berkah ini,” tuturnya.

Imam yang juga Ketua Komisariat PMII Sunan Muria menuturkan, walaupun takjilnya terbilang sedikit, namun dia tetap bangga kepada anggotanya yang sudah mau iuran untuk membagikan takjil gratis. “Esensinya anggota PMII diajarkan untuk berjiwa sosial,” ungkapnya.

Hasan memberitahukan, Nilai Dasar Pergeraka PMII senantiasa berperilaku baik dengan dengan sesama manusia. Terutama dengan kaum mustada’fin. “Nilai Dasar Pergerakan (NDP) PMII yakni, Taukhid, Hablumminallah (hubungan dengan Allah), Hablumminannas (hubungan dengan sesama manusia)dan Hablumminal alam (hubungan dengan alam),” terangnya.

Menurutnya, dengan cara iuran bersama bisa mengajarkan anggota PMII tentang makna berbagi. “Ini salah satu cara kami untuk mengajarkan kader PMII peduli dengan masyarakat,” ungkapnya.

Kegiatan berbagi takjil gratis menurut Hasan diikuti tiga organisasi di bawah kepemimpinannya. Yakni, PMII Rayon Teknik, Rayon Ki Hadjar Dewantara Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dan Rayon Mohammad Hatta Fakultas Ekonomi. “Tiga organisasi tersebut kepengurusan PMII di lingkup fakultas di UMK,” tuturnya.