Ikatan Alumni SMAN 1 Kudus Selalu Sediakan Bus Mudik Gratis Tiap Tahun

Diposting pada

SEPUTARKUDUS.COM – Sejumlah orang bersiap berangkat menggunakan bus. Dengan membawa beberapa kardus, mereka bergantian masuk bus untuk melakukan perjalanan pulang kampung ke Kudus. Kejadian tersebut diceritakan Nita Rini Dewi kepada Seputarkudus.com, terkait pelaksana progam mudik gratis yang setiap tahun diadakan untuk masyarakat Kudus yang bekerja di Jabotabek.

mudik gratis

Nita Rini Dewi menuturkan, foto tersebut diambilnya ketika pemberangkatan mudik gratis tahun 2015 di Jakarta. “Ini foto kegiatan mudik gratis tahun kemarin,” ungkapnya.

Dia memberitahukan, di tahun 2016 ini juga ada progam mudik gratis menggunakan tiga bus. Progam ini untuk warga Kudus yang tinggal di Jabotabek. “Pendaftaran terakhir tanggal 9 Juni 2016,” ungkapnya.

Nita menjelaskan, progam ini diselenggarakan Perwakilan Kantor Pemerintah Provinsi Jawa Tengah yang ada di Jakarta. Pemerintah Provinsi Jawa Tengah secara serentak membuat progam mudik gratis di 35 Kabupaten dan Kota di Jawa Tengah. “Kudus mendapatkan jatah dua bus. Nanti ditambah satu dari Forum Komunikasi Masyarakat Kudus (FKMK) dan Ikatan Alumni SMAN 1 Kudus (IASKU),” ungkap dia yang menjabat sebagai Ketua Iasku dan Wakil Ketua FKMK.

Sepengetahuannya, pada bus yang disediakan pemerintah jumlah tempat duduknya sekitar 44 kursi dan bus yang disediakan FKMK dan IASKU berjumlah 34 kursi. “Jadi kira-kira bemberangkatan 122 orang saja,” tambah dia yang beralamat di Kemang, Jakarta Selatan.

Dia memberitahukan, untuk bus dari pemerintah syaratnya harus menunjukkan kartu tanda penduduk sebagai warga Kudus. Misal yang tidak memiliki KTP Kudus dapat ikut bus yang disediakan FKMK dan IASKU.

“Syaratnya harus KTP Kudus. Nanti warga Kudus yang ingin mudik sudah ber-KTP Jabotabek bisa ikut Bus FKMK dan IASKU,” jelasnya.

Pemberangkatan akan dilakukan tanggal 30 Juni 2016 pukul 10.00 WIB di area parkir Musium Purna Bhakti Pertiwi Jakarta. Dia menuturkan, nantinya FKMK dan Iasku akan memfasilitasi konsumsi bagi seluruh pemudik. “Untuk berbuka di perjalanan, nanti akan di fasilitasi FKMK dan IASKU,” tuturnya.

Nita juga memberitahukan, untuk kenyamanan nantinya setiap bus akan dikawal oleh petugas Dinas Perhubungan. “Jadi yang belum mendaftar segera mendaftar, terakhir tanggal 9 Juni 2016. Pendafataran dapat menghubungi Ibu Pupu dengan nomor 085778153809 atau datang di Jalan Bambu Asri Utara IV/16B Pondok Bambu Asri (belakang Penjara Wanita) Jakarta Timur,” tambahnya.