Alumni UMK Ini Pernah Dikontrak 2 Tahun Label Ternama di Indonesia, dan Awal Tahun Ini Luncurkan Single Kedua

Diposting pada
SEPUTARKUDUS.COM, CENDONO – Petikan suara gitar terdengar dari dalam Kedai Muria Jalan Kudus-Colo, Desa Cendono, Kecamatan Dawe, Kudus. Tampak laki-laki berambut lurus sedang memainkan gitar dan menyanyikan lagu berjudul “Andai Kau Mengerti”. Laki-laki tersebut yakni Anton Ferdinan, pemuda asal Desa Jurang, Dawe, Kudus yang menciptakan lagu pertamanya di bawah naungan label Warner Music Indonesia.

Anton Ferdinan. Foto: Istimewa

 

Saat ditemui Seputarkudus.com belum lama ini, lagu tersebut menurutnya sudah diciptakan pada 2011 sejak masih kuliah di Universitas Muria Kudus (UMK).  Lagu itu menceritakan kisah kasih yang terinspirasi dari teman-temannya sewaktu kuliah di Fakultas Psikologi UMK.“Jadi ada seseorang laki-laki yang suka dengan perempuan atau sebaliknya, namun tidak berani mengungkapkan perasaannya. Dengan kejadian hal tersebut muncullah lagu andai kau mengerti,” jelasnya yang lulus dari Fakultas Psikologi UMK tahun 2014.

Dia melanjutkan, kejadian tersebut tidak dialami satu dua orang saja, melainkan hampir keseluruhan temannya. Menurutnya, dia juga sering dijadikan tempat curhat dari teman-temannya yang suka dengan seseorang namun tidak berani mengungkapkannya. “Itu bukan pengalaman pribadi saya loh ya. La wong sudah bertahun-tahun saya tidak punya pacar. Alias jomblo akut,” ungkapnya sambil tertawa. 

 

Pemuda yang terlahir dengan nama Anton Noor Ferdi mengungkapkan, lagu tersebut pernah dimainkan bersama bandnya sewaktu kuliah dulu, bernama Black Shadows. Menurutnya, saat itu dirinya bersama band yang anggotanya mahasiswa UMK memiliki tiga lagu, Biar Ku Sendiri, Kisahku dan terakhir Andai Kau Mengerti.“Saya dulu pegang gitar dan backing vokal. Namun karena memiliki kesibukan masing-masing akhirnya saya melanjutkan sendiri dengan solo karir sebagai penyanyi,” tutur Anton yang sering menjuarai perlombaan musik di Kudus.

Laki-laki kelahiran Kudus, 11 Januari 1991 tersebut melanjutkan, setelah lulus dari UMK tahun 2014 dia mulai melakukan rekaman lagu di Pati dan di Semarang. Dan pada akhirnya dirinya nekat ke Jakarta untuk menyodorkan hasil karyanya di Warner Music Indonesia. “Saya nekat ke Jakarta. Kebetulan di sana ada teman untuk tempat menginap,” ungkapnya.
Pada akhirnya lagu Andai Kau Mengerti diterima dan sekaligus mendapatkan kontrak dua tahun dari Warner Music Indonesia tahun 2015 sampai 2017. Menurutnya, lagu keduanya sudah dipersiapkan berjudul “Kisahku”. Alasan dia memilih genre pop karena banyak diminati masyarakat.”Untuk lagu kedua berkisah tentang penantian seseorang yang ditinggal kekasihnya entah kemana, namun dia masih setia menunggu. Lagu ini dirilis awal tahun 2017 oleh Joker Group Indonesia,” tambahnya.