Pemilik Cuci Mobil Habira Kudus Sebel, Banyak Pelanggan Minta Didahulukan

Diposting pada

SEPUTARKUDUS.COM, BARONGAN – Di tepi selatan Jalan Bakti, Desa Barongan, Kecamatan Kota, Kudus, tampak sebuah rumah bercat kuning. Rumah tersebut merupakan tempat cuci mobil. Di pelataran rumah terlihat tiga mobil bersih serta tiga mobil kotor. Di luar pagar tampak ada tiga mobil terparkir menunggu antrean untuk diparkir pelataran dan di cuci. Tempat cuci mobil tersebut bernama Cuci Mobil Hanira, yang saat musim hujan kali ini selalu penuh sesak.

Cuci mobil di Kudus
Tempat Cuci Mobil Hanira Kudus. Foto: Rabu Sipan

Kepada Seputarkudus.com, pemilik Cuci Mobil Harina Kudus Hari Prakoso (50) selaku pemilik tempat cucian mobil tersebut mengatakan, tempat usahanya selalu penuh mobil untuk dicuci saat musim hujan ini.  Bahkan tak jarang tempatnya yang sudah cukup luas tidak bisa menampung semua mobil milik pelanggan dan sebagian harus diparkir di luar pagar.

“Di musim hujan tempat cucian mobil Hanira setiap hari selalu penuh dengan mobil pelanggan yang akan dicuci. Karena di pelataran rumah hanya muat sekitar enam mobil. Jadi yang lainnya harus diparkir di tepi jalan atau luar pagar. Dan nanti dicuci sesuai nomor antrean,” ujar pria yang akrab disapa Hari kepada Seputarkudus.com, beberapa waktu lalu.

Pria yang berasal dari Surabaya itu mengatakan, karena ramainya pelanggan yang datang, tak jarang dirinya mendapat komplain dari pelanggan. Karena menurutnya, semua pelanggan ingin mobil mereka yang didahulukan untuk dicuci. Padahal demi pelayanan, Hari mengaku sudah memberikan arahan kepada semua pekerjanya agar mendahulukan mobil yang datang dulu.

“Sebenarnya untuk mempercepat proses pencucian mobil, aku bisa saja menambah tenaga. Namun karena keterbatasan tempat serta hanya memiliki dua hidrolik untuk mengangkat mobil, aku tetap hanya mempekerjakan tiga orang saja. Jadi para pelanggan harus bersabar dan sesuai antrian,” ujarnya.

Pria yang sudah dikaruniai dua anak itu mengatakan, di musim yang tak menentu sekarang ini cucian mobilnya mampu mencuci sekitar 15 mobil dalam sehari. Namun saat kemarau, jumlah mobil yang dicuci turun hampir 50 persen.

Dia menjelaskan, harga jasa cuci mobil sebesar Rp 35 ribu per unit. Harga tersebut merupakan cuci salju, vakum serta semir ban. Selain itu di tempat cuci mobil Hanira, kata dia, juga melayani salon untuk mobil, poles body, jamur kaca dan lainya. Tempat cuci mobilnya tersebut buka setiap hari mulai pukul 07.30 WIB sampai pukul 17:00 WIB

“Aku sadar tidak bisa menyenangkan semua pelangganku, namun dengan mencuci mobil pelanggan sesuai antrean, aku berharap para pelangganku tidak berpaling ke tempat cucian lain. Aku juga berkeinginan usahaku bisa lebih berkembang,” ujar Hari.