Bosan Kerja Ikut Orang Terus, Tyas Buka Salon Meski Bermodal Uang Hasil Patungan

Diposting pada

SEPUTARKUDUS.COM, BURIKAN – Di tepi barat Jalan Yos Sudarso, Desa Burikan, Kecamatan Kota, Kudus, tampak rumah bercat putih. Di dalamnya terlihat seorang perempuan memakai celana jeans warna biru sedang menyisir rambut pelanggan. Di kursi lain terlihat seorang perempuan memakai kaus merah sedang duduk menghitung nota. Perempuan tersebut bernama Ayuning Tyas (32), pemilik salon Ayu.

Ayuning Tyas, pemilik Salon Ayu 2017_3
Ayuning Tyas (kiri), pemilik Salon Ayu, Burikan, Kudus. Foto: Rabu Sipan

Di sela aktivitasnya tersebut, perempuan yang akrab disapa Tyas itu sudi berbagi kisah kepada Seputarkudus.com tentang usaha salonnya. Dia mengungkapkan, membuka usaha salon sekitar setahun lalu. Bermodal uang hasil patungan bersama temannya, dia mengaku nekat membuka usaha kecantikan itu.

“Aku ikut orang kerja di salon itu sekitar lima tahun. Karena tidak ingin ikut orang terus, aku berinisiatif membuka usaha salon bersama temanku. Karena modalku terbatas aku mengajak sahabatku yang dulu juga pernah kerja di salon, untuk patungan modal dan membuka usaha ini,” katanya, saat ditemui beberapa waktu lalu.

Warga Burikan, Kota, Kudus itu menuturkan, untungnya temannya tersebut bersedia diajak patungan. Andai tidak bersedia, mungkin dirinya harus menunda keinginannya untuk memiliki usaha salon. Dia harus merayu temannya tersebut, agar bersedia. “Saya ngomong sama sahabat saya, ‘kamu mau kerja ikut orang terus, lebih baik kita mendirikan usaha salon bareng,’ akhirnya dirinya mau,” cerita Tyas.

Dia mengatakan, meskipun baru buka sekitar setahun, salonnya tersebut sudah memiliki pelanggan tetap. Hampir setiap hari ada saja orang yang melakukan treatment. Menurutnya, dalam sehari bisa melayani hingga lima treatment. Dia mengungkapkan, di Salon Ayu melayani berbagai macam treatment di antaranya gunting sepaket dengan cuci, dan vitamin dengan biaya Rp 20 ribu.

Selin itu, untuk cantok dan curly harganhya Rp 30 ribu hingga Rp 35 ribu. Crembath dia tarif Rp 40 ribu. Hairmask dan hairspa biayanya Rp 60 ribu. Dan untuk keriting, highligh, rebonding, semir warna dan smoothing biayanya mulai Rp 100 ribu sampai Rp 200 ribu.

“Selain perawatan rambut kami juga melayani perawatan wajah di antaranya, facial, dan totok wajah yang kami tarif Rp 60 ribu, sedangkan lulur aku tarif Rp 80 ribu . Di sini juga menyediakan ear candle atau terapi pembersihan lubang terlinga menggunakan lilin,” jelasnya.

Tyas menambahkan, serupa dengan usaha pada umumnya, dirinya selalu mengadakan promo. Di Salon Ayu setiap treatment yang sudah mencapai Rp 200 ribu, mendapat gratis potong rambut. Sedangkan transaksi yang mencapai Rp 400 ribu gratis creambath.

Treatment tersebut tidak harus sekali, asal kupon tanda transaksi jangan sampai hilang dan ahrus dibawa saat ingin ditukar dengan treatment gratis,” ujar Tyas yang mengaku Salon Ayu buka setiap hari mulai pukul 9.30 WIB hingga pukul 17.00 WIB.