Jauh-Jauh dari Jakarta, Fatimah Yakin Bisa Sukses Kelola Orisa Salon: Kudus Kota Produktif

Diposting pada

SEPUTARKUDUS.COM, KEDUNGDOWO – Di tepi barat Jalan Lingkar Jetak, Desa Kedungdowo, Kecamatan Kaliwungu, Kudus tampak beberapa ruko warna abu-abu di kiri dan kanan jalan masuk perumahan Graha Muria Swasti Krana. Di dalam satu ruko tersebut terlihat seorang perempuan berambut sebahu sedang melakukan tretment kepada pelanggan. Perempuan tersebut bernama Fatimah Nabila (36), yang rela datang dari Jakarta untuk mengelola Salon dan Spa Orisa milik sahabatnya.

Salon kecantikan dan spa Orisa, Kedungdowo, Kudus
Fatimah (kiri) sedang melakukan treatmen di Salon Orisa, Kedungdowo, Kudus. Foto: Rabu Sipan

Di sela aktivitasnya tersebut, perempuan yang akrab disapa Fatimah itu sudi berbagi kisah kepada Seputarkudus.com tentang usaha yang dikelola. Dia mengungkapkan, menerima tawaran untuk mengelola salon dan spa di Kudus, karena lebih menjanjikan daripada di ibu kota. Menurutnya, meskipun Kudus kota kecil, namun daerah yang produktif.

“Kudus itu daerah produktif karena ada beberapa perusahan rokok serta kertas yang mempunyai puluhan ribu karyawan. Di Kudus juga banyak pelaku usaha pelaku UMKM (usaha mikro kecil dan menengah ). Jadi mereka, terutama yang perempuan, akan menyempatkan untuk perawatan di sela kesibukan mereka,” ujarnya, beberapa waktu lalu.

Perempuan yang sudah dikaruniai dua anak itu mengatakan, Salon Orisa mulai buka sekitar lima bulan, tepatnya pada November 2016. Meski begitu, baru beberapa bulan salon yang dikelolanya sudah memiliki banyak pelanggan. Di salon tersebut dirinya melayani berbagai macam treatment.

Dia menjelaskan, biaya potong rambut di Salon Orisa dihargai mulai Rp 10 ribu sampai Rp 50 ribu. Ada juga creambath yang ditarif harga Rp 60 ribu, hair treatment Rp 90 ribu. Sedangkan untuk menicure dan pedicure biayanya Rp 60 ribu hingga Rp 80 ribu.

Reflexi dan masker payudara masing-masing ditarif Rp 50 ribu. Sedangkan polis harganya Rp 20 ribu. Untuk ear candle dan totok wajah dihargai Rp 40 ribu dan Rp 100 ribu, tuturnya.

Dia menambahkan, untuk facial ditarif mulai harga Rp 120 ribu. Untuk body spa ball dan body spa DDS dibebankan biaya Rp 200 ribu serta Rp 300 ribu. Ratus ditarif dengan harga Rp 40 ribu, dan body steam dihargai Rp 25 ribu, dan untuk lulur dan body massage ditarif masing-masing Rp 100 ribu. Menurutnya di Orisa juga ada waxing, yang biayanya mulai Rp 50 ribu.

“Selain perawatan tersebut, kami juga melayani basic coloring mulai Rp 100 ribu, fashion coloring ditarif mulai Rp 50 ribu. Sedangkan smoothing serta keriting banderolnya Rp 200 ribu dan Rp 150 ribu. Kami juga melayani cabut alis harganya Rp 20 ribu, untuk make up ditarif Rp 150 ribu. Sedangkan hairdo atau sanggul dibebankan biaya Rp 50 ribu,” urainya.

Menurutnya, semua member yang melakukan perawatan sepuluh kali gratis sekali totok wajah dan creambath. Pada hari spesial anggota member, yakni saat ulang tahun, berhak mendapatkan sesuatu yang spesial juga dari Orisa. “Member juga otomatis mendapatkan diskon 10 hingga 30 persen untuk semua transaksi perawatan tertentu,” ungkapnya yang mengaku Orisa buka setiap hari.