Catat, Ada Layanan SIM Keliling di Car Free Day Minggu Lusa

Diposting pada

SEPUTARKUDUS.COM, SIMPANG TUJUH – Sejumlah kendaraan melintas di depan pos polisi Patwal Induk Simpang Tujuh Kudus, kemarin. Kendaraan patwal polisi terparkir di depan bangunan di sisi utara Ramayana Mal Kudus. Pada Car Free Day (CFD) Minggu (9/4/2017) lusa, jalan di depan pos tersebut akan digunakan Satuan Lalu Lintas (Sat Lantas) Polres Kudus, untuk pelayanan perpanjang Surat Izin Mengemudi (SIM) Keliling.

Layanan SIM Keliling Polres Kudus 2017_4_7
Layanan SIM Keliling Polres Kudus 2017. Foto: Imam Arwindra

Hal tersebut diungkapkan Bintara Urusan SIM (Baur SIM) Aiptu Harinto Mulyo saat ditemui Seputarkudus.com belum lama ini. Menurutnya, tepat di sebelah pos polisi Alun-alun Simpang Tujuh Kudus itu, pihaknya akan membuka pelayanan perpanjang SIM dengan mobil SIM keliling. “Kami mulai buka pukul 06.00 WIB saat kegiatan CFD,” ungkapnya.

Baca juga: Bulan Depan, SIM Keliling Kudus Mulai Beroperasi, 5 Menit Jadi

Dirinya mengingatkan, pelayanan mobil SIM keliling hanya untuk perpanjangan SIM A dan SIM C saja. Untuk pembuatan SIM baru dan selain perpanjang SIM A dan C masih harus dilakukan di Markas Kepolisian Resor (Mapolres) Kudus. Pelayanan akan dilakukannya hingga CFD berakhir. “Ingat hanya perpanjang SIM A dan C saja,” tegasnya.

Rinto menjelaskan, jadwal pelayanan SIM Keliling masih tahap proses pembuatan. Menurutnya, selama jadwal pelayanan belum dikeluarkan, masyarakat bisa memanfaatkan pelayanan mobil SIM Keliling yang terparkir di Mapolres Kudus. Menurutnya, dengan adanya pelayanan SIM Keliling masyarakat bisa lebih mudah mendapatkan pelayanan perpanjang SIM.

“Perpanjangan dengan mobil SIM Keliling ini lebih mudah. Jadwal SIM Keliling baru kami buat. Sementara ini layanan SIM Keliling menggunakan mobil khusus baru bisa dilakukan di depan Mapolres dan saat CFD,” jelasnya.

Menurutnya, syarat untuk perpanjangan SIM di CFD, masyarakat tinggal membawa foto copy KTP dan SIM lama yang ingin diperpanjang masa berlakunya. Untuk biaya perpanjang SIM A sebesar Rp 80 ribu dan SIM C Rp 75 ribu. Di lokasi SIM keliling nanti sudah disedikan dokter untuk tes kesehatan dan pegawai bank untuk pembayaran.