Bupati Musthofa Ingin Car Free Night Digelar Tiap Malam Minggu

Diposting pada

SEPUTARKUDUS.COM, SIMPANG TUJUH – Suara alunan musik terdengar keras di Alun-alun Simpang Tujuh Kudus, Sabtu (6/5/2017) malam. Di depan pendapa kabupaten, tampak panggung besar lengkap dengan tata lampu. Ribuan orang berkumpul di sekitar panggung, menunggu diluncurkannya kegiatan Car Free Night (CFN) untuk pertama kali oleh Bupati Kudus Musthofa.

Pesta kembang api launching Car Free Night di Simpang Tujuh Kudus 2017_5
Pesta kembang api launching Car Free Night di Simpang Tujuh Kudus. Foto: Imam Arwindra

Keramaian tidak hanya terlihat di Simpang Tujuh. Jalan Ahmad Yani dan Jalan dr Ramelan juga berubah menjadi lautan manusia. Mereka datang untuk menikmati CFN, sambil menunggu pesta kembang api.

Baca juga: Masyarakat Kudus Tumpah Ruah pada Pembukaan Car Free Night di Simpang Tujuh

Beberapa kali pengisi musik bergantian tampil, kursi sofa di barat panggung terlihat masih kosong. Kursi sofa tersebut sudah diberi nama Bupati Kudus dan pimpinan Forum Koordinasi Pimpinan di Daerah (Forkopimda) Kabupaten Kudus yang dijadwalkan datang. Namun hinggal pukul 22.22 WIB, Bupati Kudus belum tampak hadir. Sebagian asyarakat yang datang mulai meninggalkan lokasi.

Pukul 23.00 WIB, rombongan Bupati Kudus keluar dari pendapa berjalan menuju panggung. Pembawa acara kemudian mempersilakan Bupati Kudus Musthofa naik ke atas panggung memberi sambutan, sekaligus me-launching Kudus Car Free Night (CFN).

Dalam sambutannya, Musthofa menuturkan kegiatan CFN menjadi aktivitas baru bagi masyarakat Kudus. CFN dapat  dapat menjadi kreativitas dan media ekspresi warganya. Dia menginginkan, kegiatan CFN dapat diadakan setiap malam Minggu. “Jangan tidur sore ya,” tuturnya yang disambut tawa.

Setelah memberi sambutan, bersama sejumlah pejabat Mushofa memencet tombol alarm tanda diluncurkannya program CFN. “Tidak usah sambutan terlalu panjang ya, karena sudah malam,” ungkapnya kepada masyarakat yang masih setia menunggu Musthofa datang. Tak lama berselang, letusan kembang api mengiasi langit jantung Kota Kretek.

Sebelum Musthofa datang, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kudus Didik Sugiharto menuturkan kegiatan peluncuran program CFN dinilai sukses. Hal tersebut menurutnya, terlihat dari jumlah pengunjung yang terlihat banyak.

Selain, pertunjukan kreativitas pemuda Kudus, terdapat juga PKL di jalur lambat Jalan Dokter Ramelan dan perkumpulan komunitas motor serta mobil. Menurutnya, CFN bisa menjadi aktivitas baru untuk menikmati malam akhir pekan.

“Untuk lalu lintas kendaraanya tadi sempat padat lancar antara pukul 05.00 WIB hingga 20.00 WIB. Namun setelah itu lenggang,” tambahnya.