Delmitha Salon Kamar Mandi, ‘Sulap’ Porselen Usang dan Berkerak Menjadi Baru Lagi

Diposting pada

SEPUTARKUDUS.COM, JATI KULON – Di dalam kamar mandi sebuah rumah di Desa Jati Kulon, Kecamatan Jati, Kudus tampak seorang pria memakai masker sedang memoles keramik yang sudah terlihat usang. Sedangkan di pintu kamar mandi tampak seorang pria mengenakan kaus berwarna merah sedang mengawasi. Sesekali dia menunjuk ke keramik berkerak dan perlu dipoles. Pria tersebut bernama Aji Setiadi (39), pemilik usaha jasa salon kamar mandi.

Jasa salon kamar mandi di Kudus 2017_5_23
Jasa salon kamar mandi di Kudus. Foto: Rabu Sipan

Sambil mengawasi pekerjanya, pria yang akrab disapa Aji itu sudi berbagi penjelasan kepada Seputarkudus.com tentang usahanya tersebut. Dia mengungkapkan, merintis usaha salon kamar mandi yang diberi nama Delmitha pada Juli 2016.

Dia mengatakan, meski belum genap setahun, dia sudah punya pelanggan lumayan banyak. Menurutnya, selama ini memasarkan jasanya melalui media daring dan beberapa kali melakukan demo pembersihan kamar mandi usang. Melalui demo tersebut dia memberitahukan banyak orang, bahwa keramik dan porselen yang sudah berkerak dan susah dibersihkan ternyata masih bisa diperindah agar seperti baru lagi.

“Selama ini respon masyarakat sangat positif. Dalam waktu sebulan, aku bisa mendapatkan order membersihkan 33 kamar mandi. Jumlah tersebut saat ramai order, saat sepi aku masih bisa mendapatkan belasan order sebulan,” ujar Aji saat ditemui beberapa waktu lalu.

Dia mengatakan, tarif yang dibanderol bervariasi, sesuai ukuran serta tingkat kekotoran kamar mandi. Untuk kamar mandi ukuran 2x2x2 meter ditarif Rp 550 ribu, ukuran 2x3x2 meter dibebankan biaya Rp 650 ribu dan ukuran 2x4x2 meter biayanya Rp 750 ribu. Menurutnya, harga tersebut sudah all in, yakni termasuk lantai, dinding dan kloset.

“Tapi harga tersebut belum termasuk bathub dan kaca shower. Untuk pembersihan bathub kami tarif Rp 100 ribu. Dan kaca shower kami bebankan biaya Rp 150 ribu. Para pelanggan tidak perlu khawatir, karena kami memberikan garansi pekerjaan selama enam bulan. Jika ada yang ingin menggunakan jasa kami bisa hubungi nomor 0813 9000 6869,” jelasnya.

Aji menceritakan, sebelum membuka usaha salon kamar mandi dirinya kerja menjadi tenaga marketing sekitar 13 tahun lamanya. “Belasan tahun menjalani rutinitas menjadi tenaga marketing ternyata mampu membuatku berada di titik kebosanan. Selain itu aku juga selalu dikejar-kejar target penjualan. Karena alasan tersebut aku keluar kerja dan berinisiatif membuka usaha sendiri. Dan aku pilih usaha jasa cleaning khusus kamar mandi,” ujarnya.

Alumni SMA 1 Kudus itu mengatakan, memilih jasa salon kamar mandi karena usaha tersebut tak lekang dimakan waktu. Karena menurutnya, setiap rumah, perkantoran, pabrik dan lainnya pasti ada kamar mandinya. Dan saat kamar mandi mereka berkerak, sudah pasti akan membutuhkan tenaga spesialis pembersih kamar mandi agar keramik dan porselennya terlihat baru lagi.

“Selain itu, usaha jasa salon kamar mandi juga minim persaingan. Karena memang selama ini yang bermain di usaha pembersih kamar mandi itu perusahaan yang hanya menawarkan produk. Berbeda dengan diriku, yang menawarkan jasa pembersihannya, yang punya kamar mandi pokoknya tinggal terima beres. Dijamin keramik dan porselen kamar mandi usang akan terlihat baru lagi,” katanya.