Di Toko Bina Usaha Bersama, Pembeli Tak Harus Bayar Tunai, Kredit pun Bisa Dilayani

Diposting pada

SEPUTARKUDUS.COM, MIJEN – Lalu lalang kendaraan roda dua dan roda empat terlihat ramai melintasi Jalan Kudus-Jepara. Di tepi jalan itu, tampak sebuah ruko yang diatasnya tertulis Bina Usaha Bersama (BUB), toko yang menjual berbagai produk elektronik, furnitur dan gawai. Tidak hanya melayani pembayaran tunai, ruko tersebut diketahui juga melayani pembayaran secara kredit.

Toko Bina Usaha Bersama di Kudus 2017_5
Toko Bina Usaha Bersama di Kudus. Foto Sutopo Ahmad

Kepada Seputarkudus.com, Yesica Carnella (32), pengelola toko BUB, sudi berbagi penjelasan terkait dengan penjualan sejumlah produk di tempatnya tersebut. Yesica, begitu dia akrab disapa, mengatakan, pusat penjualan yang sebenarnya berlokasi di daerah Mayong, Kabupaten Jepara. Sedangkan BUB yang ada di wilayah Kudus, merupakan bagian dari anak Cabang.

“Sebenarnya pusat BUB ada di Mayong, Jepara. Sedangkan yang di Kudus ini bagian dari anak cabang. Produk yang kami jual ada furnitur, elektronik, handphone (HP) dan laptop juga ada. Selin cash, kami juga melayani pembelian secara kredit,” ungkap Jesica saat ditemui di toko BUB, Desa Mijen RT 1 RW 4, Kecamatan Kaliwungu, Kudus.

Wanita yang sudah dikaruniai tiga orang anak ini menjelaskan, untuk bisa melakukan pembayaran secara kredit, pihaknya memberikan berbagai syarat. Diantaranya, foto copy kartu tanda penduduk (KTP), foto copy kartu keluarga (KK) dan minimal produk yang dibeli seharga Rp 1,5 juta. “Tapi khusus HP minimal seharga Rp 2 juta. Setiap pembelian juga tidak perlu memberikan uang muka terlebih dahulu,” ujarnya.

Dia melanjutkan, furnitur yang dia jual berbagai macam, meliputi sofa, meja belajar, lemari pakian maupun dapur, baik dari kayu maupun palastik juga tersedia di ruko. Untuk elektronik, produk yang dijual meliputi televisi LED, air conditioner (AC), kipas angin, mesin cuci, kulkas, kompor gas, sound system serta peralatan rumah tangga lainnya. “Semua lengkap di sini. Khusus HP, sementara kami hanya menjual Oppo dan Samsung,” ungkapnya

Sembari menunggu calon pembeli yang datang, Dia menambahkan, harga yang dijual di BUB bervariasi, tergantung produk yang hendak dibeli. Misalnya mesin cuci, kisaran harga Rp 1,2 juta hingga Rp 3 juta, kemudian sound sytem, dijual mulai harga Rp 350 ribu hingga Rp 1,8 juta. Menurutnya, semua barang yang dijual dia dapatkan langsung dari distributor yang berada di Semarang.

“Ruko kami buka setiap hari, mulai pukul 8.00 WIB hingga pukul 20.00 WIB. Kalau penjualan semua merata, baik dari furnitur, elektronik maupun gadget tidak ada yang lebih dominan,” tambahnya.