Garansi Hingga Dua Tahun, Penjualan Laptop Asus di Xoxo Computer Tak Terbendung

Diposting pada

SEPUTARKUDUS.COM, GLANTENGAN – Di tepi Jalan Sunan Muria nomor 29, Desa Glantengan, Kecamatan Kota, Kudus, terlihat sebuah toko berdinding kaca. Di dalamnya, tampak beberapa laptop tertata rapi di atas etalase berbahan kaca sesuai jenis. Selang beberapa waktu, seorang wanita dengan rambut panjang masuk ke toko dan berjalan menuju lobi. Dia tak lain Teresia Nunik (25), Person In Charger (PIC) Xoxo Computer.

Teresia Nunik (25), Person In Charger (PIC) Xoxo Computer Kudus 2017_4
Teresia Nunik (25), Person In Charger (PIC) Xoxo Computer Kudus. Foto: Sutopo Ahmad

Sembari duduk santai dan sesekali melayani calon pembeli, Nunik, begitu dirinya disapa, sudi berbagi penjelasan kepada Seputarkudus.com tentang penjualan laptop di tempat dia bekerja. Dia menjelaskan, dari sekian banyak jenis laptop yang dijual, paling laku yakni merek Asus. Menurutnya, produk laptop asal Taiwan itu disukai karena berani memberikan garansi selama dua tahun.

“Paling laku keras di tempat kami berupa laptop Asus Core i3, sekitar 100 unit per bulan. Tapi kalau secara keseluruhan, setiap bulan penjualan kami khusus laptop Asus bisa mencapai 200 unit per bulan. Laptop Asus disukai karena satu-satunya laptop yang memberikan garansi sampai dua tahun bagi konsumen,” ungkap Nunik saat ditemui di Xoxo Computer, beberapa waktu lalu.

Warga asal Yogjakarta yang kini menetap di Kudus, mengatakan, keunggulan yang disematkan pada laptop Asus sangat beragam. Di antaranya, berat lebih ringan, tampilan slim dan baterai model tanam yang tidak dapat di lepas sewaktu saat. Selain itu, harga yang di tawarkan cukup terjangkau, namun spesifikasi produk yang diberikan tetap masih tinggi.

“Untuk keunggulan, yang pasti harga terjangkau, spesifikasi lebih tinggi dan tentunya service center mudah. Terkait pelanggan, kebanyakan dari wilayah Kudus, tak jarang daerah seperti Jepara, Pati, Demak juga turut datang membeli di toko kami. Rata-rata yang membeli dari kalangan pelajar, mahasiswa dan karyawan,” ujar Nunik.

Dia menambahkan, harga setiap unit yang dijual bervarian, katanya, tergantung spesifikasi laptop Asus yang hendak dibeli. Namun menurutnya, khusus untuk harga Asus Core i3, dibanderol dengan harga kisaran Rp 4,5 juta hingga Rp 5 juta. Untuk pemasaran, sekarang hanya menunggu calon pembeli yang datang ke toko.

“Dulu waktu pertama kali toko berdiri, memang kami sering melakukan langkah pemasaran dalam meningkatkan penjualan. Tapi sudah tidak lagi, sekarang toko kami hanya menunggu pembeli saja yang datang. Pemasaran kami dulu, dengan cara menyebar brosur ke konsumen. Seperti di perempatan Jalan, kantor dinas maupun instansi, serta dengan cara memberikan seminar ke sekolah,” tambah Nunik.