Jual Boneka Lengkap dengan Harga Super Murah, Jami Raup Omzet Puluhan Juta

Diposting pada

SEPUTARKUDUS.COM, DEMAAN – Trotoar selatan Jalan Sunan Kudus tepatnya di depan bangunan sebelah barat Indomart Desa Demaan, Kecamatan Kota, Kudus tampak dipenuhi puluhan aneka boneka. Di antara boneka tampak seorang perempuan mengenakan jilbab sedang melayani calon pembeli. Perempuan itu bernama Jami (60), penjual aneka boneka di tradisi Dandangan, yang mampu meraup omzet jutaan rupiah.

Jual boneka di tradisi Dandangan Kudus 2017_5
Jual boneka di tradisi Dandangan Kudus. Foto: Rabu Sipan

Kepada seputarkudus.com Jami sudi berbagi kesan selama berjualan di Dandangan tahun ini. Dia mengungkapkan, sejak dibukanya acara tradisi Dandangan tahun ini, lapaknya selalu ramai pembeli. Menurutnya, selama tiga hari berjualan dirinya mampu meraup omzet Rp 7 juta. Dan uang tersebut sudah diberikannya kepada putranya untuk berbelanja lagi boneka.

“Tiga hari pembukaan Dandangan di Kudus tahun ini aku mampu meraup omzet Rp 7 juta. Dan setiap hari biasanya akan ada peningkatan omzet. Karena semakin lama para pengunjung Dandangan semakin ramai dan otomatis boneka yang terjual juga semakin banyak. Pada Dandangan tahun lalu aku mampu meraup omzet Rp 60 juta selama 10 hari, semoga saja Dandangan tahun ini aku mampu mendapatkan omzet lebih dari itu,” ujarnya.

Perempuan dari Ungaran, Jawa Tengah itu mengungkapkan, biasanya saat ramai pembeli itu pada akhir pekan. Pada hari itu biasanya dia mampu mendpatakan uang hingga Rp 6 juta. Dia menuturkan, sudah ikut acara Tradisi Dandangan Kudus selama delapan kali. Selama keikutsertaannya tersebut, dia mengaku hanya berjualan puluhan bahkan ratusan boneka dengan berbagai bentuk. Menurutnya, boneka yang dijualnya sangat lengkap dan lumayan diminati para pembeli.

“Selain lengkap aku juga menjual aneka boneka dengan harga grosir meskipun dibeli secara ecer. Jadi sangat murah, lebih murah dari harga tempat lain. Apalagi saat para pengunjung Dandangan Kudus membeli boneka dengan jumlah banyak pasti akan aku kasih potongan harga,” ujarnya sambil tersenyum.

Perempuan yang sudah dikaruniai lima anak dan tujuh cucu itu menuturkan, di dandangan tahun ini dengan dibantu anaknya, dirinya menjajakan sekitar 40 karung besar. Menurutnya, di dalam puluhan karung tersebut di dalamnya ada ratusan boneka dengan berbagai bentuk dan ukuran. “Pokonya jumlahnya banyak dan kami tidak menghitungnya,” ungkapnya.

Dia mengungkapkan, menjual boneka dengan harga berbeda tergantung bentuk model dan ukuran. Untuk boneka ukuran paling kecil dia jual dengan harga Rp 25 ribu per pcs. Boneka Hello Kitty ukuran tanggung dibandrol Rp 150 ribu per pcs. dan yang paling besar boneka beruang dijual dengan harga lebih mahal yakni Rp 500 ribu per pcs. “Itu harga ecer, untuk pembelian banyak harga masih bisa berkurang,” ujarnya.