Mata Alan Berkaca-Kaca Saat Keluarganya Saksikan Penobatannya Sebagai Mas Duta Wisata

Diposting pada

SEPUTARKUDUS.COM, PENDOPO – Gemuruh suara tepuk tangan dan teriakan menggema saat juara Mas Dan Mbak Duta Wisata Kudus tahun 2017 diumumkan di Pendapa Kabupaten Kudus, Rabu (10/5/2017) malam. Mata seorang peserta terlihat berkaca-kaca usai mendapat selempang tanda juara. Pria itu yakni Alan Ragil Maulana (16). Dirinya tak menyangka bisa terpilih sebagai Mas Duta Wisata Kabupaten Kudus tahun ini.

Alan Ragil Maulana, Mas Duta Wisata Kabupaten Kudus 2017
Alan Ragil Maulana, Mas Duta Wisata Kabupaten Kudus 2017. Foto: Ahmad Rosyidi

Alan, begitu dia akrab disapa, sudi berbagi cerita kepada Seputarkudus.com tentang keikutsertaannya dalam ajang tersebut. Dia mengaku tak menyangka bisa terpilih karena lawannya banyak yang sudah menempuh pendidikan di perguruan tinggi, sedangkan dirinya masih duduk di bangku SMA. Dia sangat terharu lantaran keluarga dan teman-temannya menyaksikan penobatan dirinya sebagai Mas Duta Wisata.

Baca juga:

“Mata saya berkaca-kaca karena saya terharu, tidak menyangka, saya masih SMA dan saya juga merasa masih banyak kekurangan. Saya juga terharu karena keluarga dan temen-teman yang datang mendukung saya menyaksikan semua ini,” jelas murid SMAN 1 Kudus, kelas 11 IPS 1, usai acara.

Alan mengikuti Mas Dan Mbak Duta Wisata Kudus 2017 karena ingin mengembangkan bakatnya di bidang entertainment. Dia merasa percaya diri karena mendapat juara Competition Kartini Kartono di SMAN 1 Kudus tahun lalu. Selain itu dia juga menjadi Ambassador 2016 di SMAN 1 Kudus.

“Saya merasa punya bakat bidang akting dan pembawa acara. Saya juga pernah mendapat pemeran pembantu terbaik di Festival Teater Pelajar tahun 2015. Jadi saya ingin mengembangkan bakat saya bidang entertainment. Selain itu kakakku yang pernah ikut 12 besar finalis Mas Dan Mbak Duta Wisata tahun 2005/2006, jadi menambah motivasi saya untuk ikut,” ungkap warga Desa Gondosari, Kecamatan Gebog, Kudus itu.

Menurut pria yang memiliki hobi mendengarkan musik Rock dan berteater itu, Kudus memiliki potensi wisata yang besar. Kudus memiliki banyak destinasi wisata, terutama wisata alam dan wisata religi. Menurutnya, wisata di Kudus sudah dikenal seantero Jawa, bahkan Indonesia.

Alan juga yakin, semua masyarakat Kudus akan mendukungnya untuk mengembangkan potensi Wisata yang ada. “Banyak Kota yang terkenal karena wisatanya. Dan Kudus itu bisa jadi pusat wisata di Jawa Tengah kalau dikembangin lagi,” tambah anak terakhir dari tiga bersaudara itu.

Sementara itu, dalam sambutannya, Bupati Kudus Mustofa berpesan, menjadi duta wisata harus memiliki sifat kepemimpinan dan komunikasi yang baik untuk mempromosikan wisata di Kudus. Dia juga menaruh harapan yang besar dengan seluruh peserta, khususnya terpilih menjadi juara, agar mampu membangun komunikasi dan berjejaring yang baik.