Polisi Siapkan 34 Ribu Lembar Tilang, Kapolres: Oprasi Dilakukan Pukul 12.00 Hingga 16.00 WIB

Diposting pada

SEPUTARKUDUS.COM, POLRES – Sejumlah kendaraan roda dua diperiksa Kepala Kepolisian Resort Kudus (Kapolres) AKBP Agusman Gurning di halaman Markas Kepolisian Resort Kudus (Mapolres). Tampak pula dua mobil patwal dengan bagasi terbuka tidak luput dari pemeriksaan. Pengecekan itu dilakukan untuk memastikan kelayakan kendaraan yang akan digunakan dalam Operasi Patuh Candi 2017.

Kapolres Kudus Agusman Gurning memeriksa kendaraan untuk Operasi Patuh Candi 2017_5
Kapolres Kudus Agusman Gurning memeriksa kendaraan untuk Operasi Patuh Candi 2017. Foto: Imam Arwindra

Sebelum mengecek kendaraan, Agusman sempat memimpin gelar pasukan gabungan Polres Kudus, TNI, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kudus. Dia juga menyematkan pita warna biru di pundak kiri kepada anggota tiap lembaga.

Menurut Agusman, Operasi Patuh Candi 2017 digelar untuk cipta kondisi menjelang Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri. Kegiatan akan diadakan selama 14 hari, dimulai tanggal 9 Mei 2017 hingga 22 Mei 2017. “Untuk waktunya ya seperti operasi biasanya, antara pukul 12.00 (WIB) hingga 16.00 (WIB),” ungkapnya usai mengecek kelengkapan armada, Selasa (9/5/2017).

Dia menjelaskan, Operasi Patuh Candi 2017 dilakukan serentak di seluruh Indonesia. Berbeda dengan Operasi Simpatik, Operasi Patuh Candi lebih mengutamakan tindakan represif penegakan hukum berupa penilangan bagi pelanggar lalu llintas. Namun pihaknya, tetap tidak mengesampingkan kegiatan preemtif dan preventif yang mengedepankan senyum, sapa dan salam.

“Kegiatan ini juga untuk persiapan mudik Lebaran. Ini kami lakukan untuk mengurangi laka lantas (kecelakaan lalu lintas) sebelum Lebaran,” jelasnya.

Saat ditanya titik lokasi operasi, Agusman mengungkapkan, operasi akan digelar di lokasi-lokasi yang sering terjadi kecelakaan. Lokasi itu di antaranya, Kecamatan Kota, Jati, Mejobo dan Jekulo. Menurutnya, dengan menyasar tempat-tempat yang sering terjadi kecelakaan, pihaknya dapat menurunkan angka kecelakaan lalu lintas dan terciptanya kondisi keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas.

“Personel yang kami terjunkan 160 anggota. Ada juga dari TNI, Dishub dan Satpol PP,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Polres Kudus AKP Eko Rubiyanto menuturkan,  pihaknya menargetkan 34 ribu lembar tilang dalam Operasi Patuh Candi 2017. Target tersebut diambil karena melihat pelanggar lalu lintas di Kudus setiap tahun meningkat. Menurutnya, peningkatan telihat tahun 2015 menuju tahun 2016. Pada Operasi P atuh Candi 2016 lalu, target yang ditentukan yakni 27 ribu lembar tilang.

“Ini upaya menekan laka lantas (kecelakaan lalu lintas) dan fatalitas korban kecelekaan lalu lintas. Karena sebentar lagi puasa, maka perlu bersama-sama untuk menciptakan Kudus yang kondusif,” tambahnya.