Sifa Tak Takut Tidur di Tenda Saat Kemah Dongeng Pendidikan, Kalau Ada Hantu Dibacakan Doa

Diposting pada

SEPUTARKUDUS.COM, PURWOREJO – Sejumlah tenda dome terlihat berjajar di depan gedung Majelis Wakil Cabang (MWC) NU Bae, Desa Purworejo. Di dalam tenda terdapat beberapa anak-anak sedang bermain. Ada pula yang baru menenteng tas dan bantal untuk dimasukkan ke dalam tenda. Mereka adalah siswa Omah Dongeng Marwah dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Semai Jepara yang sedang melakukan kegiatan Kemah Dongeng Pendidikan.

Kemah Pendidikan Omah Dongeng Marwah 2017_5
Kemah Pendidikan Omah Dongeng Marwah 2017. Foto: Imam Arwindra

Saat dilangsungkan kegiatan menggambar di ruang aula Gedung MWC NU Bae, Maulida Naela Syifa (9), peserta kegiatan, mengaku sangat senang bisa mengikuti kegiatan Kemah Dongeng Pendidikan. Menurutnya, dirinya sudah bosan berada di rumah. Dia ingin merasakan suasana berbeda tidur di luar rumah bersama teman-temannya.

“Saya tidak takut jika tidur di tenda. Kalau ada ular tinggal diberi garam. Kalau ada hantu dibacakan doa,” tuturnya yang tampak polos saat berlangsungnya kegiatan, Sabtu (6/4/2017).

Di samping Syifa, Jihan Patricia Kirana (8) menyela, dia bersama temannya sesungguhnya ingin sekali mengikuti kemah yang pernah diadakan setahun lalu, tepatnya pada bulan Agustus 2016. Ketika itu, dia hanya bisa melihat teman-temannya yang tampak asyik mengikuti kegiatan Kemah Dongeng Kemerdekaan. “Sudah setahunan saya menunggu untuk ikut kegiatan kemah,” jelasnya.

Berawal dari melihat kegiatan kemah yang diselenggarakan pertama dulu, Jihan akhirnya ikut Omah Dongeng Marwah dan dapat mengikuti kegiatan berkemah pada momentum peringatan Hari Pendidikan Nasional beberapa waktu lalu.

Sementara itu, Nadila Alayya (9) yang satu tenda bersama Syifa dan Jihan memiliki alasan yang sama. Menurutnya, dengan berkemah mengajarkannya untuk bisa lebih mandiri. Selain itu, juga dapat memiliki teman baru. Ketiga anak tersebut, ternyata masih sekolah di kelas yang sama SDN 2 Purworejo.

Sementara itu, panitia kegiatan Ulin Noor Baroroh menuturkan, pihaknya menyelenggarakan Kemah Dongeng Pendidikan untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional. Menurutnya, kegiatan yang diadakan hari Sabtu-Minggu (6-7/5/2017) dibingkai dengan tema “Melatih Kemandirian, Memupuk Kebersamaan”. “Kemah ini permintaan langsung dari anak,” ungkapnya saat kegiatan berlangsung.

Dia menjelaskan, sebelumnya Omah Dongeng Marwah pernah mengadakan kegiatan serupa pada peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-71. Kegiatan Kemah Dongeng Kemerdekaan yang dilakukan tanggal 20 Agustus 2016, selain berkemah dan mendongeng, juga terdapat pemutaran film Macan Putih Muria yang dibuat anak-anak Omah Dongeng Marwah sendiri.

Kali ini pada Kemah Dongeng Pendidikan, panitia juga memutarkan film pendek Bintang Di Langit Jakarta, yang menurut Ulin buah karya dari anak-anak Omah Dongeng Marwah. Untuk rangkaian kegiatan, di antaranya ada estafet bola, sekoci kertas, bermain holahop, sepak bola dan menggambar. “Di akhir acara juga ada mencipta lagu yang dinyanyikan bersama,” tambahnya dengan jumlah peserta 60 an anak.