Suzuki New Ertiga Diesel Hybrid, Mobil Berbahan Bakar Solar, 1 Liter Bisa Tempuh 22 KM

Diposting pada

SEPUTARKUDUS.COM, DERSALAM – Lima unit kendaraan roda empat terlihat terpakir rapi menghiasi diler resmi penjualan mobil Suzuki Remaja Motor,  di Jalan Raya Kudus-Pati kilometer 3, Desa Dersalam, Kecamatan Bae, Kudus. Satu di antara mobil yang terpakir yakni Suzuki New Ertiga Diesel Hybrid. Mobil produksi pabrikan asal Jepang ini diklaim irit bahan bakar namun tetap bertenaga.

Agung Hidayat, Head Sales Suzuki Remaja Motor Kudus 2017_5
Agung Hidayat, Head Sales Suzuki Remaja Motor Kudus. Foto: Sutopo Ahmad

Sembari duduk santai di tempat lobi seusai dari meating, Sales Head PT Remaja Adidaya Motor, Agung Hidayat (35), sudi berbagi penjelasan kepada Seputarkudus.com tentang mobil tersebut. Dia menjelaskan, mobil yang memiliki panjang sekitar empat meter serta lebar dan tinggi lebih dari satu setengah meter itu berbahan bakar solar. Menurutnya, cukup dengan satu liter solar, mobil dapat menempuh jarak hingga 22,6 kilometer.

Baca juga:

“Tidak ada perbedaan yang menonjol antara Suzuki Ertiga yang dulu dengan sekarang, yang membedakan cuma konsumsi bahan bakarnya saja. Suzuki New Ertiga yang sekarang menggunakan mesin diesel dan dibekali teknologi hybrid. Bahan bakar memakai solar dengan kapasitas mesin sebesar 1,248 cc, jadi mobil lebih irit dan bertenaga,” ungkap Agung saat ditemui di Suzuki Remaja Motor, beberapa waktu lalu.

Warga Asal Jakarta yang kini berdomisili di Jepara, memberitahukan, keunggulan yang disematkan pada mobil berkapasitas tujuh orang penumpang, katanya, sangat beragam. Di antaranya, ruang kabin cukup luas, suhu air conditioner (AC) dapat diatur dalam konisi panas maupun dingin dan spion kabin fleksibel. Selain itu, mobil itu dibekali fitur gear shift indicator yang berfungsi memberikan rekomendasi pemindahan gigi terbaik.

Terkait dengan fitur keselamatan, lanjutnya, mobil didukung dual airbag dan sistem pengereman anti-lock braking sytes (ABS). Tidak hanya itu, mobil juga dilengkapi tiga titik sabuk pengaman yang siap menunjang keamanan dan keselamatan dalam berkendara. “Suspensi depan dan belakang juga sangat baik, dapat meredam setiap guncangan maupun getaran saat dikendarai,” ujar Agung yang mengenakan kemeja warna krem.

Dia menambahkan, cara pengoperasian mobil yang tak lazim disebut dengan transmisi, katanya, hanya ada satu varian, yakni manual transmission (M/T). Untuk pembelian setiap unit mobil itu, diler tempat dia bekerja membadrol dengan harga Rp 224,9 juta. Menurutnya, harga itu merupakan on the road (OTR) khusus wilayah Kudus.

“Harga sangat sebanding dengan keunggulan yang diberikan. Untuk penjualan masih banyak Suzuki Ertiga yang dulu, kisaran empat hingga enam unit yang bisa kami jual setiap bulannya. Kalau pilihan warna ada tiga, meliputi warna abu-abu, silver serta warna putih yang sering laku terjual,” tambah Agung yang mengaku mulai bekerja di diler Remaja Motor sejak 2008, tepatnya sudah lebih dari sembilan tahun.