Usaha Olshop Dominasi Pengiriman di J&T Express Burikan, Sehari Kirim 150 Paket

Diposting pada

SEPUTARKUDUS.COM, BURIKAN – Di tepi Jalan Bakti, Desa Burikan, Kecamatan Kota, Kudus, terlihat sebuah ruko bercat warna biru dengan dinding terbuka. Di dalamnya, tampak beberapa orang sedang duduk sambil sesekali mengecek kembali barang yang hendak dikirim. Satu di antara mereka yakni Cannigia Candra Bagaskara (23), Supervisor Marketing J&T Express Burikan Kudus.

Pengiriman barang di drop point J&T Express Burikan, Kudus 2017_5
Pengiriman barang di drop point J&T Express Burikan, Kudus. Foto: Sutopo Ahmad

Sembari duduk santai di tengah aktivitas melayani sejumlah pelanggan yang datang, pria satu anak ini, sudi berbagi penjelasan kepada Seputarkudus.com tentang pelanggan ekspedisi tersebut. Dia menjelaskan, kebanyakan pelanggan yang sering menggunakan jasa pengiriman barang di tempat yang dia kelola dominan dari area Kudus. Menurutnya, dari sekian banyak pengiriman barang yang di antar, kebanyakan berupa hijab dan obat herbal.

Baca juga: Mau Kirim Barang Tak Ada Kendaraan, Pulsa pun Habis, Telepon J&T Express Saja

“Kami melayani pengiriman paket barang seluruh penjuru di Indonesia, terkecuali benda-benda yang berbahaya. Dalam sehari, barang yang kami antar bisa mencapai 150 unit pengiriman. Kebanyakan berupa paket barang hijab, soalnya bisnis online shop (olshop) di Kudus sangat banyak. Selain itu, paling obat herbal herbal juga banyak,” ungkap Aska, sapaan akrab Cannigia Candra Bagaskara, saat ditemui beberapa waktu lalu.

Warga Desa Karang Bener, Kecamatan Bae, Kudus, ini mengatakan, J&T Express menyediakan dua jenis pilihan paket bagi masyarkat yang ingin meggunakan jasa pengiriman barang. Di antaranya, paket VIP dan paket reguler. Namun terkait dengan pelayanan, tidak ada perbedaan yang signifakan. Perbedaannya, paket VIP ditujukan bagi pelanggan tetap dan paket regular bagi masyarakat umum.

“Baik paket VIP maupun reguler, kami memberikan potongan harga pada saat melakukan pengiriman dengan J&T Express. VIP kami berikan cashback, sedangkan reguler kami berikan diskon. Khusus paket reguler, setiap pengiriman barang dengan berat dua kilogram diskon 10 persen, tiga hingga empat kilogram diskon 20 persen dan pengiriman barang mulai 5 kilogram ke atas kami berikan diskon 30 persen dari harga yang telah ditetapkan,” ujar Aska.

Dia menambahkan, diskon tersebut merupakan program dari perusahaan dalam rangka meningkatkan profit pengiriman paket barang. Menurutnya, program itu sebenarnya sudah lama dilakukan, yakni dimulai sejak awal Januari dan berakhir hingga akhir Juni 2017. Selain dengan cara demikian, dia juga melakukan promosi melalui media sosial untuk mencari pelanggan yang lebih banyak.

“Dalam mencari pelanggan, kami melakukan berbagai cara. Seperti melakukan promosi lewat media sosial, membagikan brosur maupun menawarkan secara langsung ke toko-toko yang sekiranya membutuhkan layanan ekspedisi. Kami juga melayani pengiriman barang yang di beli lewat online seperti Lazada, Bukalapak maupun OLX,” tambah Aska.