Dinas Kesehatan Kudus Pindah di Jalan Ganesha, Purwosari

Posted on

SEPUTARKUDUS.COM, NGANGUK – Lembaran kertas dan beberapa kursi masih tergeletak di dalam ruangan kosong di Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus, Jalan Diponegoro. Beberapa perabotan di antaranya lemari, kursi dan meja terlihat diangkat menuju mobil pikap di halaman.  Sisa perabotan tersebut akan dibawa menuju kantor sementara di Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Kudus, Jalan Ganesha, Kelurahan Purwosari.

Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus di Purwosari 2017_6
Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus di Purwosari. Foto: Imam Arwindra

Menurut Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus Rudi Hermawan Prihatmanto, kantor lama yang berada di Jalan Diponegoro sedang dilakukan pembenahan. Menurut Rudi, ketika pembangunan kantor lama sudah selesai, pihaknya akan kembali melakukan pelayanan di kantor lama. “Ini pindah sementara saja. Kantornya sudah sesak. Kalau mau parkir saja sudah padat,” ungkapnya saat ditemui di kantor sementara Labkesda Kudus, beberapa waktu lalu.

Rudi menjelaskan, sebenarnya renovasi kantor Dinas Kesahatan Kudus sudah direncakankan sejak tahun 2008. Namun berjalan waktu akhirnya rencana tersebut dapat terealisasi di tahun 2017. Menurut Rudi, pekerjaan pembangunan akan mulai dikerjakan tanggal 8 Juni 2017 dan akan berakhir di bulan Oktober 2017. “Anggaranya sesuai pagu Rp 2,8 miliar. Ini sudah selesai lelang,” jelasnya.

Selama kantor dinas lama direnovasi, semua pelayanan di Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus ditempatkan di Labkesda Kudus. Menurutnya, perpindahan secara resmi dilakukannya sejak Senin (5/6/2017). Sebelum itu, pihaknya mengaku sudah memindahkan barang sedikit demi sedikit sebelum bulan Ramadan. “Barang-barang dipindah malah sebelum bulan puasa. Ya bisa dikatakan nyicil lah. Supaya nanti saat resmi pindah bisa langsung pelayanan,” ungkapnya.

Dalam pembangunan dijelaskan, fokus utama pembangunan yakni perluasan lahan parkir. Menurutnya, beberapa bangunan ada yang hanya direhab namuan ada pula yang dihancurkan. Dicontohkan, ruangan yang biasa ditempati Kepala Dinas dan Sekretaris Dinas di bangunan sisi utara sebelah timur. Menurutnya bangunan tersebut dihancurkan dan akan dibuat tambahan lahan parkir. Rencananya nanti, dirinya bersama kepala dinas akan menempati ruangan dua lantai yang sekarang berada di bawah musala.

“Tetap nanti saya di lantai bawah. Supaya lebih mudah. Kan biasa juga untuk menerima tamu,” tambahnya sambil menggambarkan denah bangunan.

Dia berharap, adanya kegiatan rehabilitasi kantor dinas nantinya bisa melayani masyarakat secara maksimal dan lebih nyaman. Masyarakat dapat menaruh kendaraan di lokasi parkir dan tidak meluber di tepi jalan. Menurutnya, selama ini yang dikeluhkan yakni tempat parkir. “Kalau sedang ramai bisa macet. Karena depan dinas kan jalannya nikung,” terangnya.