Efri Beli Kurma di Toko Aziz Putra untuk Takjil Buka Puasa

Diposting pada

SEPUTARKUDUS.COM, KERJASAN – Dua perempuan tampak sedang memilih kurma di Toko Azis Putra di tepi Jalan Menara, Kelurahan Kerjasan, Kecamatan Kota, Kudus. Terlihat mereka memegangi beberapa kurma dalam kap plastik sambil sesekali menanyakan harga. Satu di antara perempuan tersebut bernama Efrilia Anggraeni (22), yang membeli kurma untuk takjil berbuka puasa.

Penjualan kurma di Toko Azis Putra, Kerjasan, Kudus 2017_6_9
Penjualan kurma di Toko Azis Putra, Kerjasan, Kudus. Foto: Rabu Sipan

Seusai membeli kurma, perempuan yang akrab disapa Efri itu sudi berbagi penjelasan kepada Seputarkudus.com kebiasaannya itu saat Ramadan. Dia mengatakan, membeli kurma untuk keperluan buka di rumahnya. Menurutnya, buka puasa bersama kurang afdol kalau belum ada kurma yang tersaji.

“Sebagai seorang Muslim sebisa mungkin saya melakukan apa yang menjadi kesunahan kanjeng Nabi Muhammad SAW. Dan pada Bulan Puasa ini berbuka puasa dengan makan kurma itu termasuk kesunahan. Oleh sebab itu acara buka bersama sebisa mungkin ada camilan penyempurna ya ini kurma,” ujarnya, beberapa waktu lalu.

Dina Zulfa, karyawan di Toko Azis Putra, mengungkapkan, pada Ramadan ini penjualan kurma meningkat, bahkan peningkatannya sangat signifikan. Menurutnya, pada bulan selain Ramadan biasanya Toko Azis Putra mampu menjual sekitar tiga karton sepekan. Setiap karton berisi 10 kilogram.

Sedangkan pada Ramadan, kata dia, toko yang tepat berada di depan Menara Kudus itu mampu menjual habis kurma itu sehari. Dalam sepekan, Toko Azis Putra mampu menjual 210 kilogram. Bulan Ramadan ini penjualan murma meningkat hingga tujuh kali lipatnya atau 700 persen.

Dia mengatakan, toko tempatnya bekerja itu menjual aneka kurma dari beberapa negara. “Di Toko Azis Putra menyediakan aneka jenis kurma di antaranya, Kurma Mesir yang kami jual Rp 50 ribu per setengah kilogram, dan Rp 25 ribu untuk seperempat kilogram. Ada juga Kurma Sayer yang kami banderol Rp 25 ribu per setengah kilogram dan Rp 15 ribu seperempat kilogram,” ujar perempuan yang akrab disapa Dina tersebut.

Sedangkan Kurma Tuneese, tuturnya, yakni jenis kurma istimewa yang masih ada gagangnya dijual dengan harga Rp 80 ribu per kemasan, dengan berat per kemasan 800 gram. Selain itu, Toko Azis Putra juga menjual kurma dengan harga Rp 10 ribu per satu kap. Dia menuturkan, di tempat kerjanya tersebut melayani pembelian ecer maupun grosir.

“Selain menjual Kurma kami juga menjual jenang maupun jajanan dari daerah lain. Dan hampir semuanya penjualannya meningkat pada Ramadan. Kami melayani pembelian ecer dan grosir. Dan toko kami juga buka 24 jam setiap hari dan saat puasa kami tutup pada pukul 22.00 WIB,” jelasnya.