Ingin Cari Rumah Tapi Tak Cukup Biaya, Coba Tengok Program KPR Bank Jateng Kudus

Diposting pada

SEPUTARKUDUS.COM, RENDENG – Di lantai dua kantor Bank Jateng Kudus, tepatnya di Jalan Jendral Sudirman nomor 158, Desa Rendeng, Kecamatan Kota, Kudus, terlihat beberapa orang sedang sedang sibuk melayani calon nasabah yang datang. Di tengah ruangan kantor itu, tampak seorang pria mengenakan kemeja panjang warna putih lengkap dengan dasi sedang melihat lembaran kertas. Pria tersebut tak lain Dhany Adi Wicaksono (33), Kepala Seksi (Kasi) Analis Bank Jateng Kudus.

Dhany Adi Wicaksono 2017_6_30
Dhany Adi Wicaksono. Foto: Sutopo Ahmad

Kepada Seputarkudus.com, Dhany begitu dirinya disapa, sudi berbagi informasi terkait dengan layanan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) di tempat tersebut. Dia menjelaskan, layanan KPR Bank Jateng di peruntukan bagi semua nasabah yang ingin memiliki rumah. Menurutnya, obyek yang dapat dibiayai meliputi pemilikan rumah, take over, pembelian kavling maksimal 300 meter persegi dan pembangunan rumah.

“Pembiayaan KPR di Bank Jateng tidak hanya untuk rumah tinggal baru saja. Masyarakat juga dapat mengajukan kredit untuk pembelian ruko, apartemen, rumah susun, rumah kantor, rumah second maupun renovasi rumah. Khusus untuk pemilikan rumah, setiap nasabah wajib menyediakan uang muka sebesar 30 persen dari total harga rumah,” ungkap Dhany saat ditemui beberapa waktu lalu.

Warga asal Demak itu melanjutkan, pembiayaan KPR bisa diberikan bagi nasabah yang sudah memiliki penghasilan tetap setiap bulannya. Menurut dia, besaran angsuran yang dibebankan bagi nasabah juga tak memberatkan, yakni dapat diangsur  sesuai kemampuan dan penghasilan per bulan dari setiap nasabah.

Dia memberitahukan, pembiayaan KPR Bank Jateng di tujukan bagi nasabah TNI, Polri, PNS, pensiunan, pegawai swasta, buruh, tenaga profesional maupun wiraswasta. Terkait dengan jangka waktu kredit, katanya, masksimal bisa sampai 15 tahun. “Kalau tidak, maksimum sisa masa aktif kerja sampai berumur 65 tahun,” ujar Dhany.

Dhany menambahkan, dalam mengajukan pembiayaan KPR di Bank Jateng, nasabah wajib melengkapi beberapa syarat yang sudah ditetapkan. Di antaranya, fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), penghasilan, surat nikah, tabungan tiga bulan terakhir, sertifikat izin mendirikan bangunan (IMB) serta fotokopi pembayaran listrik dan air.

“Bagi nasabah dari wiraswasta, wajib melengkapi fotokopi izin usaha dan laporan keuangan sewaktu memohon pengajuan. Untuk suku bunga KPR di Bank Jateng Kudus sebesar 14 persen per tahun.  Kalau minat nasabah yang mengajukan di tempat kami, area Kudus sangat banyak,” tambah Dhany.