Juara Cipta Puisi FLS2N Ini Grogi Saat Pertama Kali Baca Puisi di Atas Panggung

Diposting pada

SEPUTARKUDIS.COM, UMK – Seorang perempuan berkerudung hitam mendapat sambutan tepuk tangan meriah saat memasuki sebuah panggung di Auditorium Universitas Muria Kudus (UMK). Sambil memegang dua lembar kertas di tangan, dia lalu membacakan dua puisi di acara yang diselenggarakan Forum Apresiasi Sastra Dan Budaya Kudus (Fasbuk). Puisi tersebut berjudul Thajjud Cintaku, Karya Emha Ainun Najib dan Iqra’ karya Salim Sabendino.

Fitriana Sari membacakan puisi pada pagelaran Fasbuk, Juni 2017_6
Fitriana Sari membacakan puisi pada pagelaran Fasbuk, Juni 2017. Foto: Ahmad Rosyidi

Perempuan itu bernama Fitriana Sari (17). Kepada Seputarkudus.com, dia mengungkapkan, di acara Fasbuk bertajuk Ngabuburit Asyik itulah pertama kali dirinya membaca puisi di depan umum. Meski pernah menjadi juara Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Cipta Puisi tingkat Kabupaten tahun 2016, dan sering menulis puisi, dia mengaku belum pernah membaca puisi di depan umum.

Baca juga: Fasbuk Ajak Penonton Ngabuburit Saksikan Pertunjukan Seni dan Buka Bersama

“Tadi rasanya grogi, tapi ya senang dan lega. Meski sering menulis puisi, dan pernah juara FLS2N Cipta Puisi tingkat Kabupaten. Tapi malah baru pertama kali ini saya baca puisi di depan umum. Ke depan saya ingin mencoba lagi, agar bisa terbiasa dan lebih baik lagi,” ungkapnya kepada Seputarkudus.com, Sabtu (17/6/2017) sore.

Cilik, begitu Fitriana Sari akrab disapa, membaca puisi Tahajjud Cintaku karena menarik dan mudah dipahami. Selain itu dia juga menyesuaikannya dengan momen Ramadan. Menurutnya, puisi tersebut bercerita tentang cinta manusia kepada Tunahnya. Dan pada Ramadan seperti sekarang ini dia merasa banyak orang sedang giat beribadah, sehingga puisi itu pas dengan kondisi bulan Ramadan.

“Puisi itu tentang cinta manusia kepada Tuhannya. Jadi menurut saya sangat bagus dan pas untuk saya baca di acara ini. Selain itu puisi ini juga mudah dipahami,” terang alumni SMA 1 Mejobo itu.

Ketua Fasbuk Arfin Akhmad Maulana (23), menjelaskan, kegiatan Fasbuk pada bulan Ramadan dimulai pukul 15.30 WIB hingga pukul 19.00 WIB. Ada enam pertunjukan, dan ditambah partisipasi penonton. Di antaranya, Driffarossa Aisy Aufa Nuha M, kolaborasi dengan Bagus, mementaskan musikalisasi dan teatrikal sejarah Kudus, Gus Ji Gang.

“Kemudian Aprilia Kurniawati, membacakan puisi. Fitriana Sari, juga membaca puisi. Nian Aviani, mempertunjukan puisi dan pantomim. Aan dan Yahya, musik akustik, terakhir ditutup dengan musik dari Fasbuk sendiri,” tambahnya usai acara.