Kapasitas Lebih Lapang, Viar Karya 200 L Banyak Diburu Kalangan Bisnis

Diposting pada

SEPUTARKUDUS.COM, JANGGALAN – Tiga unit kendaraan roda tiga bermerek Viar terlihat terpakir di ruangan showroom Damar Motor, Jalan Sunan Kudus nomor 212, Desa Janggalan, Kecamatan Kota, Kudus. Tampak motor itu masih terbungkus plastik tanpa plat nomor kendaraan. Satu di antara motor itu yakni Viar Karya 200 Long (L), motor pabrikan asal Indonesia yang kini banyak disukai kalangan bisnis.

Biono, pemilik showroom Damar Motor yang menjual produk Viar 2017_6_30
Biono, pemilik showroom Damar Motor yang menjual produk Viar. Foto: Sutopo Ahmad

Sembari duduk santai di tempat lobi, Pemilik showroom Damar Motor, Biono (45), sudi berbagi penjelasan kepada Seputarkudus.com tentang keunggulan motor tersebut. Dia menjelaskan, motor itu memiliki bak berukuran 200 x 125 x 51 sentimeter. Sedangkan daya angkut motor, lanjutnya, kapasitas muatan maksimal sebesar 1,2 ton.

“Kelebihan dari Karya 200 L, motor lebih lapang, kokoh sekaligus bertenaga. Motor dapat menampung muatan antara 620 kilogram hingga 1,2 ton. Biasanya yang sering membeli dari kalangan bisnis, baik dari perajin tas, pengusaha sayuran maupun Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) lainnya,” ungkap Biono yang mengenakan kaus berkerah warna biru memakai topi merah, saat ditemui beberapa waktu lalu.

Warga Desa Damaran RT 2 RW 1, Kecamatan Kota, Kudus, ini mengatakan, varian warna yang ditawarkan setiap pembelian motor itu terbagi ke dalam tujuh warna. Di antaranya, warna putih, merah, biru, hijau, kuning, orange serta warna hitam yang sekarang sedang digandrungi pelanggan. Terkait dengan harga, setiap unit motor Viar Karya 200 L dibanderol dengan harga Rp 27,155 juta per unit.

“Pelanggan saya menyeluruh, ada yang dari Kudus, Jepara maupun Demak. Tak jarang juga ada dari wilayah Pati, tapi masih sedikit yang sering membeli. Saya juga tidak pernah melakukan pemasaran maupun promosi, yang bisa saya lakukan hanya menunggu calon pembeli yang datang ke showroom,” ujar Biono waktu ditemui di showroom Damar Motor yang berlokasi tidak jauh dari Menara Kudus.

Sementara itu, dia menambahkan, setiap pembelian motor Viar di showroom yang dia kelola, katanya, pelanggan akan mendapatkan berbagai fasilitas. Di antaranya, service gratis sebanyak tiga kali selama enam bulan serta ganti oli secara gratis. Selain itu, pelanggan juga akan mendapatkan jaket, helm, dongkrak motor Viar serta asesoris pendukung lainnya.

“Untuk penjualan tidak bisa dipastikan, yang namanya orang berjualan kadang bisa naik, kadang juga bisa turun. Tapi kalau di rata-rata setiap bulannya, khusus penjualan Viar Karya 200 L ,yang laku terjual sebanyak enam unit per bulan,” tambah Biono sambil sesekali melayani calon pembeli yang datang.