Lia Siap Antar Pemudik Keliling Kudus yang Singgah di Posko Bahagia

Diposting pada

SEPUTARKUDUS.COM, JATI WETAN – Sejumlah motor operasional Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kudus terlihat terparkir di depan posko pelayanan mudik di kawasan Taman Tanggulangin Jalan Agil Kusumadya. Beberapa kendaraan juga terlihat terparkir di dekat posko tepat di sebelah selatan Gerbang Kudus Kota Kretek. Posko yang diberi nama Posko Bahagia tersebut selain dilengkapi fasilitas istirahat juga terdapat pelayanan antar untuk berkeliling di Kudus.

Posko Bahagia layanan bagi pemudik di Kudus 2017_6
Posko Bahagia layanan bagi pemudik di Kudus. Foto: Imam Arwindra

Para pemudik nantinya akan di antar oleh petugas Duta Perdagangan dan Duta Pariwisata untuk berkeliling mengunjungi tempat-tempat wisata, kuliner, pusat oleh-oleh dan perbelanjaan. Selain itu, jika pemudik ingin menginap, Pemkab Kudus memberikan layanan gratis penginapan di Hotel Graha Muria, kawasan Pegunungan Muria.

Hal tersebut diungkapkan Cornelia Septanti (22) Duta Perdagangan dari Dinas Perdagangan Kabupaten Kudus. Dia menuturkan, selain menyediakan fasilitas rest area, pihaknya mengaku siap 24 jam mengantar para pemudik untuk berwisata di Kabupaten Kudus.

“Ini sudah tugas kami. Kami siap mengantar pemudik untuk berkeliling di Kudus,” ungkapnya saat ditemui di Posko Bahagia, beberapa waktu lalu.

Lia, sapaan akrabnya, menuturkan, layanan di Posko Bahagia diberikan pemudik selama arus mudik dan balik Lebaran. Lebih jauh dijelaskan dari tanggal 19 Juni hingga 4 Juli 2017, akan ada setidaknya 24 petugas yang secara bergantian akan melayani para pemudik yang mampir.

“Nanti petugas shift-nya bergantian. Shift pertama pukul 7.00 hingga 15.00 sore. Shift kedua 15.00 sampai jam 21.00 malam. Dan terakhir, 21.00 malam hingga 07.00 pagi. Untuk shift malam hanya cowok saja,” tuturnya yang sehari-hari bekerja di Satgas PKL Dinas Perdagangan Kudus sejak bulan April 2013.

Sementara itu, Bupati Kudus Musthofa menuturkan, dalam menyediakan pelayanan untuk pemudik, tahun 2017 ini pihaknya ingin berbeda dari tahun sebelumnya. Pihaknya dirinya membuat Posko Bahagia di Taman Tanggulangin dengan fasilitas, pelayanan dan termasuk suasana yang lebih baik dari tahun sebelumnya.

Posko yang disediakan, selain menyediakan rest area juga memberikan layanan antar pemudik untuk berkeliling di dalam kota Kudus. Dia menjelaskan, bagi pemudik yang ingin makan, belanja dan istirahat akan di antar langsung oleh petugas.

“Seluruh duta wisata baik dijajaran kesehatan, dijajaran pertamanan lingkungan hidup termasuk di jajaran pariwisata ini kita turunkan semua,” ungkapnya.

Dia berharap pemudik yang melewati Kabupaten Kudus melewati dalam kota, tidak melalui jalan lingkar. Dengan begitu, pihaknya bisa memperkenalkan potensi yang dimiliki Kabupaten Kudus. Musthofa mengaku juga sudah menyiapkan armada 12 unit mobil untuk mengantar para pemudik.

“Kami memberikan layanan gratis menginap di Hotel Graha Muria jika ada pemudik yang ingin tinggal sejenak. Semoga kegiatan ini dapat menjadi role model di kabupaten lain,” tambahnya.