Mumpung Libur, Rina Ikut Berjaga di Pos Pelayanan Pemudik Kudus

Posted on

SEPUTARKUDUS.COM, SIMPANG TUJUH – Barisan siswa berseragam pramuka terlihat ikut berbaris pada Apel Gelar Pasukan Operasi Ramadniya Candi 2017, beberapa waktu lalu. Mereka berbaris di sisi barat Alun-alun Simpang Tujuh, menyimak amanat Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) yang dibacakan oleh inspektur apel Bupati Kudus Musthofa.

Anggota Saka Bhayangkara Polres Kudus ikut berjaga di posko mudik 2017_6
Anggota Saka Bhayangkara Polres Kudus ikut berjaga di posko mudik. Foto: Imam Arwindra

Mereka yakni anggota Saka Bhayangkara Polres Kudus. Dalam pelaksanaan Operasi Ramadniya Candi 2017, mereka ikut memberikan pelayanan bagi pemudik. Mereka akan ditugaskan untuk menjaga Pos Pelayanan (Pos Yan), Pos Pengamanan (Pos Pam) dan Sub Pos Pam selama arus mudik hingga balik lebaran 2017.

Baca juga: Lia Siap Antar Pemudik Keliling Kudus yang Singgah di Posko Bahagia

Di antaranya siswa pramuka yang bertugas yakni Rina Puji Astuti (16). Siswi di MA NU Assalam Tanjungkarang, Jati, Kudus, mengaku menempati Pos Pelayanan yang berada di depan Terminal Induk Kudus. Menurutnya, bersama 116 temannya sesama anggota Saka Bhayangkara Polres Kudus akan bergantian melayani pemudik yang melewati Kabupaten Kudus. “Sudah dua kali ini saya ikut. Mumpung libur sekolah sekalian ikut kegiatan sosial,” tutunya saat ditemui selepas apel.

Dia menjelaskan, selain ingin membantu sesama saat momentum lebaran, dirinya berjaga Pos Yan karena merasa bosan di rumah saat libur sekolah. Guna mengisi kekosongan, Rina mengaku memilih manfaatkan waktunya untuk ikut membantu melayani pemudik di Pos Yan. “Boring kalau di rumah. Mending ikut membantu di pos pelayanan,” ungkap warga Desa Ketanjung, Kecamatan Karanganyar, Demak.

Menurutnya, sebanyak 116 anggota Saka Bhayangkara Polres Kudus yang ikut dalam Operasi Ramadniya Candi 2017 akan dibagi secara bergantian menjadi dua shift waktu, yakni pukul 08.00 WIB hingga 14.00 WIB. Sedangkan shift selanjutnya  yakni 14.00 WIB hingga 20.00 WIB. Setiap pos akan diisi sekitar lima anggota dari unsur tiga senior dan dua junior. “Rata-rata yang ikut kelas 11 dan 12 SMA,” tambahnya.

Sementara itu, Kapolres Kudus AKBP Agusman Gurning menuturkan, selama kegiatan pengamanan Lebaran. Pihaknya sudah membuat empat Pos Pam dan satu Pos Yan. Serta terdapat juga posko wisata yang dibuat Pemerintah Kabupaten Kudus. Menurutnya, pemudik yang melewati Kabupaten Kudus dapat beristirahat dan menikmati segala fasilitas yang disediakan.

“Pos Yannya ada di depan terminal induk. Untuk Pos Pamnya di antanya di Alun-alun dan di SPBU Krawang,” tuturnya.

Selain memberikan pelayanan di Pos Pam dan Pos Yan, dirinya juga menyebar anggota di tempat-tempat yang berpotensi kemacetan dan rawan kecelakaan. Misalnya tempat rawan kecelakaan di tikungan Dukuh Bancak Jalan Lingkar Selatan Desa Payaman Kecamatan Mejobo. Gurning mengaku sudah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan Kabupaten Kudus untuk memberi lampu warning light di lokasi tersebut.

“Kita sudah tempatkan anggota di lokasi yang berpotensi kecelakaan. Kita juga sudah koordinasi dengan Dishub untuk memberikan lampu warning light,” jelasnya.

Selain itu, Polres Kudus juga fokus pengamanan di tempat-tempat berkumpulnya masa pada tiga hari menjelang lebaran Hari Raya Idul Fitri. Menurutnya, selain lokasi perbelanjaan dan perbankan pihaknya juga mengamankan lokasi-lokasi pertokoan emas. “Fokus kali ini di perbelanjaan, mal-mal dan perbangkan. Walaupun toko emas bukan pengamanan fokus kita, nanti tetap mereka kita singgahi,” tuturnya.