Sediakan Puluhan Jenis Kain, Toko Nana Jaya Diklaim Toko Kain Terlengkap di Kudus

Diposting pada

SEPUTARKUDUS.COM, JANGGALAN – Di tepi timur Jalan HM Subchan ZE Desa Janggalan, Kecamatan Kota, Kudus tampak bangunan dengan rolling door terbuka. Di dalam bangunan terlihat ratusan rol kain yang tertata di rak kayu serta sebagian menumpuk di tengah bangunan. Tempat tersebut yakni Toko Nana Jaya yang diklaim sebagai toko kain terlengkap di Kudus.

Toko Nana Jaya Jalan Subchan ZE Kudus 2017_6
Toko Nana Jaya Jalan Subchan ZE Kudus. Foto: Rabu Sipan

Menurut Fiki Ismah (36) selaku pemilik Toko Nana itu mengungkapkan, tokonya tersebut memang dikenal sebagai toko kain terlengkap di Kota Kretek. Klaim tersebut bukan dari dirinya, melainkan dari para pembeli dan para pelanggannya. Menurutnya, Toko Nana memang terbilang lengkap, karena tokonya tersebut menyediakan lebih dari 30 macam jenis kain.

Baca juga: Ramadan Kali Ini Toko Nana Jaya Bisa Jual 30 Rol Kain Sehari

“Di toko ku ini menjual lebih dari 30 jenis kain. Di antaranya. Kain PE, Kain Lakos PE, Kain Melamin, kain Fleece, Combat, Combat 24S, Combat 30 S, Kain Premium, Cardet Premium, Kain Hyget, Kain Diadora, Kain Adidas, Kain Lotto, dan masih banyak lainnya lagi. Pokoknya jenis kainnya itu lebih 30,” jelas perempuan yang akrab disapa Fiki kepada seputarkudus.com beberapa waktu lalu.

Perempuan Warga Desa Janggalan, Kota, Kudus itu mengatakan, selain jenis kain yang lengkap, kain-kain tersebut juga tersedia dengan berbagai pilihan warna. Menurutnya, di tokonya tersebut khusus menjual kain bahan untuk pembuatan kaus dan celana untuk olah raga. Bukan kain untuk pembuatan gaun, baju, celana kantoran dan lainnya.

“Pokoknya kain untuk pembuatan kaus dan celana olah raga dan kaus-kaus lainnya, di Toko Nana Jaya Gudangnya. Semuanya tersedia pilihan warna juga lengkap. Melayani pembelian grosir maupun ecer. Untuk pembelian grosir harganya dihitung per kilogram dan ecer dihitung per meter,” ujarnya.

Perempuan yang sudah dikaruniai dua anak itu menuturkan, sebenarnya dirinya itu generasi kedua pemilik Toko Nana Jaya. Menurutnya, toko tersebut dirintis oleh ayahnya pada tahun 1982. Dan setelah ayahnya meninggal pada tahun 2003, Toko Nana Jaya yang berada di Kudus diwariskan padanya. Karena selain di Kudus, Toko Nana Jaya juga ada di Jepara yang dikelola ibunya, dan di Pati dikelola oleh adiknya.

Dia menuturkan, pada waktu dulu Toko Nana Jaya persediaan kainnya belum selengkap sekarang. Saat masih dikelola ayahnya di toko miliknya tersebut paling tersedia sekitar 10 aneka jenis kain. Dan sejak dia kelaola toko tersebut menyediakan lebih dari 30 aneka jenis kain dengan pilihan warna yang lengkap.

“Dulu ayahku punya tiga bos yang menyuplai kain di Toko Nana Jaya. Sejak aku kelola, sekarang ada sekitar delapan bos yang menyuplai kain di tokoku, dan semuanya dari Bandung. Sekarang pelangganku juga tidak hanya dari Kudus, melainkan seluruh wilayah Karesidenan Pati, dan Semarang. Dan aku mampu menjual ratusan kilogram kain sehari,” ujarnya.