Damar Motor, Showroom Viar yang Namanya Diambil dari Suku Kata Desa Pemilik

Posted on

SEPUTARKUDUS.COM, JANGGALAN – Di tepi Jalan Sunan Kudus nomor 212, Desa Janggalan, Kecamatan Kota, Kudus, terpakir empat unit kendaraan roda tiga yang tiga di antaranya bermerek Viar. Selang beberapa waktu, seorang pria mengenakan kaus berkerah warna biru memakai topi sedang berjalan menuju tempat lobi. Pria tersebut bernama Biono (45), Pemilik Showroom Damar Motor.

Produk Viar Karya 200 L di Damar Motor Kudus 2017_7_1
Produk Viar Karya 200 L di Damar Motor Kudus. Foto: Sutopo Ahmad

Sembari duduk santai sambil menunggu calon pembeli yang datang, pria yang sudah dikaruniai tiga orang anak itu, sudi berbagi penjelasan kepada Seputarkudus.com tentang nama usahanya tersebut. Dia menjelaskan, kata Damar diambil dari suku kata depan nama desanya, yakni Damaran. Menurutnya, nama itu sengaja dipilih karena selama hidup dia tinggal di lingkungan tersebut.

Baca juga: Kapasitas Lebih Lapang, Viar Karya 200 L Banyak Diburu Kalangan Bisnis

Showroom saya bernama Damar Motor. Kata Damar saya ambil dari nama desa tempat saya tinggal. Saya sengaja memilih nama itu, karena saya dari kecil sampai sekarang punya anak tiga hidupnya di Desa. Saya juga berharap, dengan memakai nama Desa sebagai nama usaha, kelak dapat membawa berkah bagi usaha yang saya rintis,” ungkap Biono Warga Desa Damaran RT 2 RW 1, Kecamatan Kota, Kudus.

Dia menceritakan, berkecimpung di dunia motor sudah lebih dari 26 tahun, tepatnya sejak lulus dari Sekolah Menengah Pertama (SMP). Terkait dengan berdirinya Showroom Damar Motor di Kudus, katanya, dimulai sejak tahun 2016. Hingga sekarang ini, terhitung usaha yang dia kelola sudah berlangsung sekitar satu tahun.

“Selain menjual motor roda tiga khusus merek Viar, saya juga menyediakan jasa service dan penjualan spare part semua varian merek motor roda tiga. Setiap pembelian di showroom saya semua bisa dilakukan dengan cara tunai maupun kredit,” ujar Biono sambil sesekali melayani calon pembeli yang datang.

Dia menambahkan, Harga yang ditawarkan bagi setiap pembelian motor Viar berbeda-beda, katanya, tergantung dengan seri motor yang hendak dibeli. Dia merinci, Motor Viar New Karya BIT dijual seharga Rp 21,205 juta, New Karya 150 R dijual seharga Rp 24,35 juta dan New Karya 150 L dibanderol dengan harga Rp 24,97 juta. Sedangkan untuk New Karya 200 R dijual seharga Rp 26,715 juta dan Karya 200 L seharga Rp 27,155 juta.

Showrom buka setiap hari mulai pukul 8.00 WIB hingga 16.00 WIB. Untuk penjualan tidak bisa dipastikan, tapi kalau di rata-rata sekitar 10 unit motor yang laku terjual setiap bulannya,” tambah Biono sewaktu ditemui di Showroom Damar Motor yang berlokasi tidak jauh dari Menara Kudus.