Warung Ini Sediakan Bakso Hitam, yang Punya Masalah Pencernaan Silakan Coba

Diposting pada

SEPUTARKUDUS.COM, PEGANJARAN – Di tepi utara Jalan Lingkar Utara, tepatnya di depan United Futsal Stadium, Desa Peganjaran, Kecamatan Bae, Kudus tampak deretan kios beratap seng. Di dalam satu kios tersebut tampak beberapa orang sedang duduk dan mengobrol sambil minum es yang mereka pesan. Ada pula yang asyik menyantap semangkuk bakso. Namun ada yang tak lazim dengan bakso yang dihidangkan, karena bakso yang mereka makan berwarna hitam.

Bakso Hitam Kudus _Agustus_2017
Bakso Hitam, sajian kuliner di warung bakso Ek Alif, Kudus. Foto: Rabu Sipan

Tempat tersebut yakni kedai Eka Alif, yang menyediakan sajian bakso hitam yang konon banyak manfaatnya untuk tubuh. Kepada seputarkudus.com Muhamad Alif Rizky (24) selaku pemilik kedai mengungkapkan, selain lebih enak bakso hitam memang ada khasiatnya tersendiri untuk tubuh. Karena bakso hitam buatannya tersebut, selain terbuat dari daging sapi, juga terbuat dari arang bambu khusus untuk makanan.

“Arang bambu yang aku campurkan ke dalam adonan bakso hitamku tersebut punya khasiat untuk menghilangkan racun dalam pencernaan. Mampu memperbaiki sistem pencernaan. selain itu juga mampu meregenerasi sel organ pencernaan agar tetap sehat,” ungkap pria yang akrab disapa Alif saat ditemui di kedainya beberapa waktu lalu.

Pria Warga Wegu Wetan, Kecamatan Jati, Kudus itu menegaskan, bakso hitam yang dijualnya tersebut selain enak dan lezat juga sangat baik bagi kesehatan tubuh. Khususnya bagi mereka yang memiliki pencernaan sedang bermasalah. Dengan rutin menyantap bakso hitam, mereka yang memiliki gangguan pencernaana akan berangsur-angsur sehat kembali. “ Ya jadi semacam kayak terapi,” ujarnya.

Dia melanjutkan, saat ini dirinya menjadi satu-satunya penjual bakso hitam di Kota Kretek. Menurutnya, bakso yang dia buat tanpa pewarna kimia, bahan pengawet atau pun zat kimia lain.

Pria yang sudah bertunangan tersebut mengatakan, berjualan bakso hitam belum lama dan masih hitungan hari. Meski begitu, kata dia, respon masyarakat terhadap bakso hitam miliknya sangat bagus. Apalagi bagi mereka yang tahu khasiatnya pasti akan sering datang ke kedainya.

Menurut Nuryadi, pembeli yang datang ke kedai Ek Alif mengungkapkan, rasa bakso hitam sangat enak, dan beda dengan bakso pada umunya yang pernah dia santap. Diungkapkannya, daging sapi dalam bakso tersebut sangat terasa, selain itu sensasi arang hitamnya menambah nikmat rasa bakso tersebut.

“Aku pribadi sebenarnya sudah tahu kalau bakso hitam itu banyak manfaatnya untuk tubuh kita. Karena sebelumnya aku juga membaca di internet tentang bakso hitam. Kebetulan sekarang di Kudus ada, karena kepanasaran dengan rasanya. Ternyata benar enak, campuaran arang hitamnya pas jadi tidak mengganggu rasa bakso aslinya,” ujar warga Jepang tersebut.