4 Hal yang Membuat Pelayanan di Disdukcapil Berjalan Baik

Diposting pada

Untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kudus terus memperbaiki dan meningkatkan beberapa hal. Setidaknya ada empat hal yang terus dilakukan perbaikan dan peningkatan.

Kepala Disdukcapil Kudus Hendro Martoyo melalui Sekretaris Dinas Putut Winarno menjelaskan, empat hal tersebut antara lain, sumber daya manusia, sarana prasarana, jaringan, dan sistem.

”Ada empat di mana pelayanan dikatakan sudah berjalan dengan baik. Yakni sumber daya manusia, sarana prasarana, jaringan, dan sistem. Semua itu di dinas kita sudah berjalan. Sehingga masyarakat yang datang juga langsung juga semakin sedikit, karena memanfaatkan komponen-komponen yang ada itu,” paparnya.

Peningkatan empat hal tersebut, kata Putut, terbukti berjalan baik bisa dilihat dari indikator pengguna layanan, yakni masyarakat. Dengan peningkatan layanan itu, masyarakat dinilai antusias dan bisa merasakan kemudahan pelayanan yang diberikan.

Sistem yang telah dibangun Disdukcapil, kata Putut, sangat memanjakan para pemohon adminduk. Mereka bisa memanfaatkan kemudahan layanan di tingkat desa, hingga menggunakan aplikasi digital yang telah dibuat.

“Sekarang ini, warga yang tinggal cukup jauh dari kantor dinas. Tentu saja adanya aplikasi atau pelayanan online, mereka tidak akan menghabiskan biaya transportasi untuk datang ke kantor dinas,” ujarnya.

Sistem online ini, katanya, memang diminati warga. Mereka memangkas berbagai macam birokrasi dan biaya yang ada, untuk bisa mendapatkan dokumen kependudukan mereka. “Silakan unduh aplikasi kami, untuk memudahkan Anda mengurus dokumen kependudukan yang ada. Sehingga setiap warga memiliki dokumen kependudukan, yang sangat penting manfaatnya,” imbuhnya. (advertorial)