Jelang Pilbup, Pileg, dan Pilpres, Disdikcapil Validasi Data Pemilih Pemula

Diposting pada

Masyarakat Kudus menghadapi pemilihan bupati (pilbup) 2018 pada Juni mendatang. Selain itu, Masyarakat juga akan mengikuti pemilihan anggota legislatif serta pemilihan presiden dan wakil presiden pada tahun berikutnya. Untuk menyukseskan gelaran demokrasi itu, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kudus melakukan validasi data.

Kepala Disdukcapil Kudus Hendro Martoyo melalui Sekretaris Dinas Putut Winarno mengatakan, satu di antara pihak yang disasar yakni data kependudukan terhadap pemilih pemula. Validasi data dilakukan dengan cara datang ke sekolah-sekolah.

“Salah satu yang kami sasar adalah anak-anak usia remaja, yang memang sudah wajib memiliki kartu tanda penduduk (KTP). Mereka didatangi petugas Disdukcapil, untuk melakukan perekaman KTP,” tuturnya.

Dia menambahkan, khusus untuk pemilih pemula, pihaknya mengkhususkan anak sekolah yang sudah wajib KTP. Data mereka akan melengkapi data berapa jumlah pemilih nanti yang akan menggunakan hak pilihnya. Sehingga nantinya pemerintah akan bisa secara tepat membuat programnya dan termasuk anggarannya. (advertorial)