Oh Ini Alasannya Kenapa Loket Pelayanan Disdukcapil Sering Sepi

Diposting pada

Tak jarang ada yang bertanya, kenapa loket pelayanan di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kudus sering sepi. Apakah masyarakat enggan mengurus administrasi kependudukan, atau masyarakat tak butuh mengurusnya ke loket layanan.

Ini ternyata alasannya. Kepala Disdukcapil Kudus Hendro Martoyo melalui Sekretaris Dinas Putut Winarno mengatakan, seringnya loket pelayanan yang ada di kantor sepi bukan karena warga tidak mau datang untuk membuat dokumen kependudukan mereka.

”Memang benar kalau dikatakan kadang kantor pelayanan kita itu sepi. Hanya sedikit warga yang datang, Namun, hal itu lebih dikarenakan warga sudah memilih jalur yang praktis untuk membuat dokumen adminduk mereka,” ujar Putut.

Contohnya saja, melalui beberapa aplikasi yang dibuat dinas. Warga hanya perlu mengunduh aplikasi tersebut, untuk kemudian membuat permohonan layanan kependudukan, melalui telepon seluler yang mereka miliki. Semua bisa dilakukan secara online.

”Kami ada beberapa aplikasi yang terkait dengan layanan adminduk ini. Sehingga warga, tinggal melakukan proses permohonan terkait adminduk ini, lewat handphone mereka. Tidak perlu datang ke kantor,” terangnya.

Ini tentu saja akan mempermudah proses yang ada. Di mana warga tidak perlu mendatangi loket yang tersedia di dinas. Mereka juga menghemat waktu, karena bisa melakukan permohonan di mana saja. Tidak ada waktu yang terbuang untuk antre di depan loket. (advertorial)