Ternyata Ini Alasan Disdukcapil Getol Lakukan Validasi Data Warga

Diposting pada

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kudus Hendro Martoyo melalui Sekretaris Dinas Putut Winarno mengatakan sangat getol untuk melakukan validasi data kependudukan yang dimiliki warga. Hal itu bukan tanpa alasan, validasi data sangat berpengaruh pada pembangunan jangka pendek, menengah dan jangka panjang.

Dia menjelaskan, validasi data dilakukan agar dokumen administrasi kependudukan (adminduk) tercatat di Disdukcapil. Data itu sangat dibutuhkan karena memiliki kegunaan yang sangat penting.

“Sudah menjadi tugas pokok kami, untuk melakukan validasi data kependudukan setiap warga. Validasi data ini sangat penting, karena bukan semata untuk kepemilikan dokumen kependudukan, namun juga demi pembangunan jangka pendek, menengah, dan panjang sebuah daerah. Bahkan sebuah daerah,” terangnya.

Putut mengatakan, pembangunan nasional memerlukan perencanaan yang valid untuk penentuan anggaran dan sasaran yang tepat. Dan itu memerlukan validasi data penduduk, sehingga rencana pembangunan akan tepat pada sasarannya.

Misalnya saja untuk penentuan angkatan kerja. Validasi data yang ada dari jumlah penduduk, akan sangat diperlukan. ”Karena pemerintah harus memperhitungkan langkah dan bentuk yang tepat dari rencana tersebut. Pemerintah perlu mengetahui data berapa misalnya nanti warga yang akan memasuki angkatan kerja. Sehingga pemerintah bisa menetapkan program dan anggaran yang ada. Pembangunan itu akan tepat sasaran kalau datanya tervalidasi,” katanya. (advertorial)