Warga Apresiasi Positif Sedekah Layanan Disdukcapil Kudus

Diposting pada

Ada berbagai cara yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Kudus untuk meningkatkan pelayanan kepada warganya. Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil merupakan satu di antaranya. Dinas yang mengurus administrasi kependudukan itu baru-baru ini membuat program yang unik, yakni sedekah layanan.

Kepala Disdukcapil Kudus Hendro Martoyo melalui Sekretaris Disdukcapil Putut Winarno menjelaskan, program layanan ini mendapat apresiasi yang positif dari warga. Mereka yang sudah datang pagi-pagi, sangat terbantu.

”Kami menyediakan sarapan gratis bagi masyarakat yang datang ke Disdukcapil untuk mengurus adminduk. Ini yang kami namakan sedekah layanan. Mereka banyak yang bilang jika belum sempat sarapan, sehingga ketika mendapatkan gratis dari kami, mereka sangat senang,” jelasnya.

Pengurusan adminduk, adalah sebuah hal yang harus dilakukan oleh wargas. Apalagi, pelayanan adminduk memang sudah diamanatkan dalam undang-undang, peraturan presiden, hingga surat edaran menteri. Hal itu tertuang pada Surat Edaran Menteri Dalam Negeri RI (Mendagri) Nomor 471/1768/SJ tertanggal 12 Mei 2016, menindaklanjuti Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 25 Tahun 2008 tentang Persyaratan dan Tata Cara Pendaftaran Kependudukan.

Sehingga banyak sekali warga yang kemudian rela datang pagi-pagi ke dinas untuk memproses adminduknya. Inilah yang kemudian memunculkan program sedekah layanan tersebut.

”Kami ingin supaya warga itu bisa merasa tenang selama mengurus adminduknya. Sambil menunggu, mereka bisa tetap santai dengan menikmati hidangan yang kami sediakan,” katanya. (advertorial)